Banser Dukung Pelaksanaan Pilkada Damai & Sehat

Anggota Banser Gunungkidul saat menyatakan sikap untuk mendukung pelaksanaan pilkada aman damai dan sehat di Kantor KPU Gunungkidul, Senin (28/9/2020). - Istimewa
28 September 2020 13:07 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI—Banser Gunungkidul mendukung pelaksanaan pilkada yang aman damai dan sehat. Banser siap membantu aparat keamanan dalam menjaga kondusivitas selama pilkada berlangsung.

Kepala Satuan Banser Gunungkidul, Risyanto, mengatakan organisasi yang dia pimpin sudah membuat pernyataan sikap yang diserahkan kepada KPU Gunungkidul. Dalam pernyataan ini ada tujuh poin meliputi menghormati hak pasangan calon untuk berkampanye; taat dan menghormati peraturan yang berkaitan dengan pelaksanaan kampanye serta menjaga ketertiban di setiap kegiatan yang melibatkan orang banyak.

BACA JUGA: Alumnus UII Terduga Pelaku Pelecehan Seksual Gugat Kampusnya

Selain itu juga menghindari segala bentuk konflik, kekerasan, intrik, intimidasi dan provokasi; menolak bentuk pratik jual beli suara; menghormati tahapan pemungutan dan perhitungan suara oleh KPU serta bersama dengan TNI-Polri senantiasa menjaga dan menciptakan situasi yang aman dan damai.

“Yang tak kalah penting, kami juga mengajak warga tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan di tengah pesta demokrasi ini sehingga bisa menciptakan pilkada yang aman damai dan juga sehat,” kata Risyanto kepada wartawan, Senin (28/9/2020).

Menurut dia, memasuki masa kampanye tensi politik akan semakin meningkat yang dapat berpengaruh terhadap kondisi sosial di masyarakat. Oleh karenanya, hal ini harus diantisipasi sehingga tidak terjadi perpecahan. “Kami komitmen untuk menjaga persatuan dan kesatuan. Beda pilihan merupakan hal biasa, tapi jangan sampai ada permusuhan ataupun perpecahan di antaraa masyarakat,” katanya.

BACA JUGA: Gara-Gara Covid-19 Klaster Arisan, Ratusan Keluarga di Kulonprogo Belum Terima Bansos Beras

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani, mengapresiasi langkah Banser Gunungkidul yang berkomitmen dalam mewujudkan pilkada yang aman damai dan sehat. Menurut dia, kelancaran dalam pilkada tidak hanya butuh komitmen dari pasangan calon, tapi partisipasi dari seluruh elemen masyarakat juga sangat penting. “Semua pihak harus berpartisipasi agar pilkada bisa berlangsung dengan aman damai dan juga sehat,” katanya.

Menurut dia, pelaksanaan pilkada tahun ini berbeda dengan periode-periode sebelumnya. Pasalnya, dalam pelaksanaan berlangsung dengan adanya pandemi Corona. Untuk itu, di setiap tahapan harus mematuhi protokol kesehatan sehingga risiko penularan virus corona dapat ditekan. “Semua harus mematuhi karena protokol ini sangat penting dalam menjaga kesehatan agar risiko penularan bisa dicegah,” katanya.