Keliling Museum Wajib Pakai Masker, kalau Bandel Tak Boleh Masuk

Ingat Pesan Ibu, Jangan Lupa Pakai Masker. - Antara
05 Oktober 2020 21:07 WIB Salsabila Annisa Azmi Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Pandemi Covid-19 membuat kunjungan museum semakin sepi. Saat new normal dimulai, semua pengelola museum di DIY merancang aturan ketat protokol kesehatan untuk diterapkan di area museum. Mulai dari menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan (3M).

Pengelola Museum Rumah Budaya Tembi, Suwandi, mengatakan protokol 3M diperketat agar setiap pengunjung yang datang merasa aman. Menurutnya ketika pengunjung merasa aman, kunjungan museum pun akan membaik. "Terutama masalah mengenakan masker, di Museum Rumah Budaya Tembi itu jadi hal yang wajib," kata Suwandi, Senin (5/10/2020).

Suwandi mengatakan para pengunjung yang tidak mengenakan masker tidak boleh memasuki area museum. Selama berkeliling di dalam museum, pengunjung tidak boleh sama sekali melepas masker. Bagi pengunjung yang lupa membawa masker, di museum ini tersedia masker kain bermotif batik.

BACA JUGA: Tidak Sampai 2 Menit Sejumlah Partai Ini Langsung Setujui RUU Cipta Kerja

"Karena pengunjung yang tidak pakai masker akan kami [pengelola] suruh pulang lagi. Bagi yang lupa, maskernya bisa beli di sini seharga Rp6000, bisa dibawa pulang sekalian sebagai kenang-kenangan," kata Suwandi.

Sebelum pandemi, Museum Rumah Budaya Tembi biasa menerima rombongan sebanyak 300 orang. Demi disiplin protokol kesehatan jaga jarak, kini rombongan pengunjung dibatasi maksimal 30 orang per hari.

"Sedikit tidak apa-apa, yang penting ada kunjungan dan pengunjungnya merasa aman. Pokoknya tujuan kami jangan sampai ada klaster museum," kata Suwandi.