Advertisement

Keliling Museum Wajib Pakai Masker, kalau Bandel Tak Boleh Masuk

Salsabila Annisa Azmi
Senin, 05 Oktober 2020 - 21:07 WIB
Bhekti Suryani
Keliling Museum Wajib Pakai Masker, kalau Bandel Tak Boleh Masuk Ingat Pesan Ibu, Jangan Lupa Pakai Masker. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Pandemi Covid-19 membuat kunjungan museum semakin sepi. Saat new normal dimulai, semua pengelola museum di DIY merancang aturan ketat protokol kesehatan untuk diterapkan di area museum. Mulai dari menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan (3M).

Pengelola Museum Rumah Budaya Tembi, Suwandi, mengatakan protokol 3M diperketat agar setiap pengunjung yang datang merasa aman. Menurutnya ketika pengunjung merasa aman, kunjungan museum pun akan membaik. "Terutama masalah mengenakan masker, di Museum Rumah Budaya Tembi itu jadi hal yang wajib," kata Suwandi, Senin (5/10/2020).

Advertisement

Suwandi mengatakan para pengunjung yang tidak mengenakan masker tidak boleh memasuki area museum. Selama berkeliling di dalam museum, pengunjung tidak boleh sama sekali melepas masker. Bagi pengunjung yang lupa membawa masker, di museum ini tersedia masker kain bermotif batik.

BACA JUGA: Tidak Sampai 2 Menit Sejumlah Partai Ini Langsung Setujui RUU Cipta Kerja

"Karena pengunjung yang tidak pakai masker akan kami [pengelola] suruh pulang lagi. Bagi yang lupa, maskernya bisa beli di sini seharga Rp6000, bisa dibawa pulang sekalian sebagai kenang-kenangan," kata Suwandi.

Sebelum pandemi, Museum Rumah Budaya Tembi biasa menerima rombongan sebanyak 300 orang. Demi disiplin protokol kesehatan jaga jarak, kini rombongan pengunjung dibatasi maksimal 30 orang per hari.

"Sedikit tidak apa-apa, yang penting ada kunjungan dan pengunjungnya merasa aman. Pokoknya tujuan kami jangan sampai ada klaster museum," kata Suwandi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement