Bantul Dapat Bantuan Enam CCTV

Pjs Bupati Bantul, Budi Wibowo (kanan) berfoto bersama Kepala Kantor Regional DIY-Jateng PT. Bali Towerindo Tbk, Christin Flora (dua dari kiri), Kepala Diskominfo Bantul Fenty Yusdayati (kiri), dan Asisten Bidang SDM dan Kesejahteraan Rakyat Pulung Haryadi (dua dari kanan). - Harian Jogja - Ujang Hasanudin
15 Oktober 2020 18:27 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Pemerintah Kabupaten Bantul mendapat bantuan enam unit kamera pengintai atau Closed Circuit Television (CCTV) dari dari PT. Bali Towerindo Tbk. Bantuan dari program  corporate social responsibility (CSR) tersebut sudah ditempatkan di enam lokasi publik yang dinilai paling rawan kepadatan lalu lintas maupun kerumunan orang.

Keenam lokasi tersebut, yakni depan Pasar Bantul, bundaran Jalan Srandakan atau perbatasan Bantul-Kulonprogo, depan Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Parangtritis, dan dua lokasi di Bendung Klegen di Jalan Parangtritis Pundong, dan Bendung Merdiko di Jalan Bantul.

Kepala Kantor Regional DIY-Jateng, PT. Bali Towerindo Tbk, Christin Flora mengatakan bantuan enam unit CCTV itu disertai dengan infrastrukturnya yang terkoneksi langsung dengan fiber optik milik Pemerintah Kabupaten Bantul.

Ia berharap bantuan tersebut dapat mempermudah Pemkab Bantul dalam memantau situasi dan kondisi khususnya di enam lokasi tersebut.

Bantuan CSR CCTV tersebut bukan hanya di Bantul namun di beberapa daerah lainnya. Christin berharap dapat terus bersinergi dalam mendukung kemajuan Bantul dalam menghadapi era globalisasi serta perkembangan teknologi yang pesat saat ini. “Salah satunya mendukung digitalisasi era industri 4.0 dan perubahan yang terjadi pasca pandemi,” ujar Christin.

Berdiri Sejak 2006

PT Bali Towerindo merupakan perusahaan penyedia infrastruktur menara dan jaringan yang terintegrasi yang berdisi sejak 2006. Perusahaan tersebut selama ini sudah memasang banyak tower dan berharap bermanfaat bua masyarakat dan diharapkan bisa menjadi bagian dari kemajuan daerah.

Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Bantul, Budi Wibowo mengapresiasi PT. Bali Towerindo yang sudah menyalurkan CSR dalam bentuk CCTV dan perangkatnya ke Bantul. Menurut dia infrastruktur tersebut dapat membantu memudahkan Pemkab dalam memonitor tititk-titik rawan.

Menurut dia, sebenarnya masih banyak ruang publik yang perlu dipasangai CCTV untuk dapat dimonitor secara berkala, namun karena keterbatasan anggaran sehingga belum terlaksana, “Kami sudah minta asisten [untuk memperbanyak CCTV] dengan dana APBD juga engga masalah sangat dibutuhkan untuk memonitor di lapangan,” kata Budi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bantul, Fenty Yusdayati menambahkan enam lokasi yang dipasang CCTV oleh PT.Bali Towerindo dapat dimonitor oleh Pemkab, utamanya beberapa Organisasi Perangkat Daerah yang berkepentingan.

Ia mencontohkan di Taman Paseban misalnya ketika ada kerumunan Satpol PP dapat memonitor lewat CCTV untuk kemudian melakukan tindakan. Demikian di TPR Parangtritis jika terjadi kepadatan lalu lintas, Dinas Pariwisata dan Dinas Perhubungan serta kepolisian dapat lebih cepat mengambil tindakan sehingga lebih efektif.