Advertisement

Relawan Beri Edukasi Protokol Kesehatan di Tempat Wisata

Ujang Hasanudin
Senin, 26 Oktober 2020 - 05:17 WIB
Sunartono
Relawan Beri Edukasi Protokol Kesehatan di Tempat Wisata Relawan Kopi Jo dan Satgas Penegakan Disiplin Covid-19 DIY, saat membagikan masker dan sabun kepada wisatawan di Pantai Goa Cemara Bantul, Minggu (25/10). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 , sejumlah relawan yang tergabung dalam Kopi Jo DIY dan   Satgas Penegakan Disiplin Covid-19 DIY bersinergi untuk memberikan edukasi terhadap wisatawan yang sedang berada di pantai Goa Cemara, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Bantul, Minggu (25/10/2020). Dalam kesempatan tersebut mereka juga membagikan masker dan sabun cuci kepada wisatawan dan pengelola wisata setempat.

Advertisement

Ketua Kopi Jo, Almira mengatakan gerakan edukasi dan pembagian masker serta sabun cuci tangan yang dilakukan komunitasnya bersama Satgas Penegakan Disiplin Covid-19 merupakan bentuk kepedulian untuk mencegah dan menekan kasus Covid-19 di wilayah Bantul, khususnya objek wisata.

BACA JUGA : Pengelola Objek Wisata Tak Patuh Protokol Kesehatan

Pihaknya masih menemukan wisatawan yang tidak mengenakan masker di objek wisata karena itu aksinya menyasar kawasan wisata. Dia berharap wisatawan dapat membiasakan diri melakukan perotokol kesehatan Covid-19 minimal dengan selalu mengenakan masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, serta menjaga jarak dari tempat kerumunan

“Terlebih di lokasi wisata yang banyak pengunjungnya. Dan dari sebagian pengunjung datang dari berbagai wilayah, baik DIY bahkan luar DIY,” kata Almira. Dia berharap tidak ada klaster penularan Covid-19 dari objek wisata karena wisata di DIY menjadi salah satu yang mendongkrak perekonomian masyarakat.

Lebih lanjut dikatakan Almira, masyarakat boleh beraktivitas di luar rumah, termasuk kegiatan wisata, “Namun harus tetap patuh protokol kesehatan agar ekonomi tetap berjalan dan penularan Covid-19 juga harus ditekan, karena saat ini masih terjadi penularan Covid-19 di DIY,” ujar Almira.

BACA JUGA : Dipasangi Gentong, Protokol Kesehatan Kawasan Wisata

Sementara itu salah satu anggota tim percepatan penanganan Satgas Covid 19 DIY, Ernawaty  mendukung berbagai elemen masyarakat untuk turut serta menegakkan protokol kesehatan di berbagai lokasi, baik melalui edukasi, maupun pembagian sarana pendukung protokol kesehatan, seperti masker dan tempat cuci tangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement