Advertisement

Tiadakan Garebeg Mulud untuk Umum, Kraton Jogja Bagikan 3.000 Uba Rampe

Lugas Subarkah
Kamis, 29 Oktober 2020 - 13:37 WIB
Budi Cahyana
Tiadakan Garebeg Mulud untuk Umum, Kraton Jogja Bagikan 3.000 Uba Rampe Sejumlah abdi dalem membawa uba rampe Garebeg Mulud, di Kompleks Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Kamis (29/10/2020). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Lantaran masih dalam situasi pandemi Covid-19, Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali meniadakan salah satu hajat dalemnya, Garebeg Mulud. Sebagai gantinya, sebanyak 3.000 uba rampe dibagikan kepada abdi dalem.

Penghageng Kawedanan HagengPunakawan Kridho Mardowo KPH Notonegoro mengatakan format Garebeg Mulud kali ini disesuaikan dengan pandemi Covid-19. “Kami sejak awal sudah menyatakan gerebeg ini tidak dibuka umum, karena efeknya terlalu besar,” ujarnya di kompleks Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Kamis (29/10/2020).

Advertisement

BACA JUGA: Ini Link & Cara Mencairkan Bantuan dan Kredit UMKM Rp31 Juta dari Facebook

Biasanya, Garebeg Mulud dilaksanakan dengan membagikan uba rampe dalam bentuk gunungan yang diperebutkan oleh masyarakat umum. Hal ini menurutnya bertentangan dengan protokol kesehatan, sehingga prosesinya disesuaikan tanpa mengurangi esensi.

Pada Garebeg Mulud ini, uba rampe berupa rengginang dan pepucah kepada abdi dalem. Uba rampe dikirim ke Pura Pakualaman dan Kepatihan tanpa arak-arakan. Sementara untuk Konco Pengulon atau Masjid Gede Kauman, mereka yang datang sendiri mengambil uba rampe.

Konsep serupa juga telah dilakukan dalam dua garebeg sebelumnya, yakni Garebeg Sawal dan Garebeg Besar, karena semua berlangsung pada situasi pandemi Covid-19. “Esensi gerebeg adalah sedekah raja, tetap ada tetapi  terbatas,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Firli Bahuri Disebut Minta Uang Rp50 Miliar ke SYL

News
| Kamis, 18 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement