Libur Kemarin, Parangtritis Sumbang Rp453,27 Juta

Wisatawan bermain dan berenang di Pantai Parangtritis, Bantul - Harian Jogja/Desi Suryanto
02 November 2020 18:07 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul maraup pendapatan senilai Rp515,1 juta saat libur cuti bersama akhir Oktober 2020. Pantai Parangtritis menyumbang pendapatan Rp453,27 juta dari 46.000 wisatawan yang datang.

Sekretaris Dispar Bantul Anihayah mengatakan kunjungan wisatawan tertinggi di Pantai Parangtritis terjadi pada Kamis (29/10/2020) dengan 14.900 wisatawan.

BACA JUGA: Danau Kecil Muncul di Pantai Baron, Apa Penyebabnya?

Selain Pantai Parangtritis, Pantai Samas memberi kontribusi tertinggi kedua dengan Rp28,27 juta, disusul Pantai Pandansimo dengan Rp20,96 juta.

“Untuk Gua Selarong, sumbangan pendapatan mencapai Rp5 juta. Sama seperti Pantai Parangtritis, tingkat kunjungan wisatawan di objek lainnya terjadi pada Kamis,” katanya, Senin (2/11/2020).

Karena masih dalam pandemi Covid-19, Annihayah mengungkapkan, jawatannya bersama dengan tim gabungan terus melakukan pemantauan langsung terhadap pelaksanaan protokol kesehatan terutama penggunaan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

BACA JUGA: Satpol PP DIY Temukan 2.883 Pelanggaran Protokol Kesehatan, Terbanyak di Malioboro

Hasilnya, Annihayah menilai telah ada peningkatan kesadaran wisatawan untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Kami terus mengingatkan wisatawan untuk menerapkan protokol kesehatan,"katanya.

Sementara, Koordinator SAR Satlinmas Wilayah IV, Dwi Rias Pamudji menyatakan, operasi penerapan protokol kesehatan terus dilakukan jawatannya selama libur cuti bersama. Dari hasil evaluasi, banyak wisatawan yang enggan menggunakan masker. Padahal, mereka membawa masker yang disimpan di saku atau tas.

“Ada juga yang menggunakannya asal-asalan. Ini kami tegur dan peringatkan,” katanya.