Advertisement

Kelahiran Anak Kedua Tetap Ditanggung BPJS Kesehatan

Abdul Hamied Razak
Senin, 02 November 2020 - 22:47 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Kelahiran Anak Kedua Tetap Ditanggung BPJS Kesehatan Johan (kanan) mengurus kartu kepesertaan anak keduanya di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sleman, Senin (2/11/2020). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Johan Wahyudi mengaku lega dengan layanan BPJS Kesehatan. Sekitar Juli 2020, anak keduanya lahir dengan selamat. Meskipun ia harus melewati masa kelahiran yang mendebarkan, pada akhirnya ia bahagia.

Johan, salah satu warga di Rusunawa Jongke, Sinduadi, Mlati, Sleman, ini bercerita bagaimana proses kelahiran anak keduanya saat itu. "Waktu itu istri saya pecah ketuban. Saya buru-buru membawanya ke rumah sakit yang menangani persalinan," katanya saat ditemui di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sleman, Senin (2/11/2020).

Advertisement

Meskipun gugup, Johan tetap berusaha tenang menghadapi situasi darurat tersebut. Ia kemudian membawa sang istri untuk melakukan proses persalinan. "Nah, karena kondisi darurat, saya langsung membawa istri ke rumah sakit. Di sana, istri saya langsung ditangani oleh tim dokter," kata Johan.

Setelah mendapatkan penanganan medis, akhirnya anak keduanya lahir. Dia bersyukur penanganan proses kelahiran berjalan lancar. Lebih bersyukur lagi karena dia tak sepeserpun mengeluarkan biaya persalinan itu. Sebab, Johan bersama istri dan anaknya sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.

"Proses persalinan normal, bukan operasi. Layanan yang diberikan bagi saya sudah memuaskan. Kalau kata petugas rumah sakit, biaya proses persalinan sekitar Rp4 juta tetapi karena saya peserta BPJS Kesehatan, maka saya tidak membayar apapun waktu itu," katanya.

Selama ini, kata Johan, ia mengaku tidak pernah mendapatkan pelayanan yang diskriminatif sebagai peserta BPJS Kesehatan. Dia mengaku sangat terbantu dengan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan. "Saya juga sering menggunakan layanan BPJS Kesehatan. Saya dan anak pertama daftar secara mandiri dan istri saya dengan BPJS KIS," kata Johan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemberantasan Judi Online, Pakar Keamanan Siber: Penegakan Hukum Harus Maksimal

News
| Sabtu, 20 April 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement