Selain Memakai Masker, Harus Disiplin Cuci Tangan Pakai Sabun untuk Cegah Covid-19

Ingat pesan ibu, cuci tangan dengan sabun. - Antara
07 November 2020 08:27 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Masyarakat diminta terus mematuhi protokol kesehatan guna memerangi penyebaran virus Corona.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati saat menghadiri Sekolah Lapang Iklim di Rest Area Gubuk Gede, Kalurahan Ngalang, Kapanewon Gedangsari, Selasa (3/11/2020) mengatakan anjuran dari pemerintah tentang ingat pesan ibu untuk terus memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak, harus dipatuhi.

Dwikorita berharap masyarakat tidak bosan dan lalai untuk terus menerapkan protokol kesehatan. “Untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19, harus tetap menjalankan protokol kesehatan,” katanya, Selasa.

Dwikorita menuturkan, pencegahan atau upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona tidak hanya  memakai masker. Namun ada imbauan lainnya seperti menjaga jarak, sering mencuci tangan menggunakan sabun. “Mari bersama-sama lawan Covid-19,” kata mantan Rektor UGM tersebut.

Ditambahkan dia, adanya pandemi bukan hal yang harus ditakuti. Pasalnya, masyarakat tetap bisa beraktivitas di luar rumah sehingga pekerjaan yang dimiliki tidak terganggu.

Meski demikian, pada saat beraktivitas, Dwikorita mengingatkan agar jangan sampai lengah untuk terus berdisiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Aktivitas di tempat terbuka bagus karena bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Tapi, ingat saat beraktivitas protokol kesehatan tidak boleh dilupakan,” katanya.