Merapi Siaga, Polisi Kerahkan 3.500 Personel untuk Evakuasi & Pengamanan

Sejumlah lansia dari lereng Merapi duduk-duduk di lokasi pengungsian Balai Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman pada hari Senin (9/11/2020). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo
11 November 2020 19:57 WIB Lugas Subarkah Sleman Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Menghadapi erupsi Gunung Merapi yang diperkirakan semakin dekat, Polda DIY menyiagakan sebanyak 3.500 personel untuk pengamanan dan evakuasi. Untuk menjaga rumah yang ditinggalkan pemiliknya mengungsi, pihaknya lakukan patroli.

Wakapolda DIY, Brigjen Pol R Slamet Santoso, menjelaskan personil yang disiagakan tersebut merupakan gabungan dari Brimob, Sabara dan Lalu lintas. “Akan bergabung juga dengan BPBD, TNI dan lainnya,” ujarnya, Rabu (11/11/2020).

BACA JUGA : Rabu Pagi, Terjadi 3 Kali Guguran Material Vulkanik Merapi 

Polisi akan ditugaskan mulai dari pra bencana, saat terjadi dan pasca bencana sehingga seluruh kebutuhan perlindungan dan evakuasi diharapkan dapat terpenuhi. “Kami tempatkan di titik-titik penyekatan yang mau naik dan turun, kemudian di tempat-tempat evakuasi pengungsi, juga tempatkan pengaturan arus lalu lintas baik yang mau naik maupun turun,” kata dia.

Pihaknya juga akan lakukan patroli pada rumah-rumah yang ditinggalkan pemiliknya sehingga tidak terjadi pencurian dan tindak kejahatan lainnya. “Tim forensik dari dokkes, kami libatkan pada pasca terjadi bencana. Ada tahap rehabilitasi,” kata dia.

BACA JUGA : HARIAN JOGJA HARI INI: Bahaya Merapi ke Arah Kali Gendol