Advertisement

Merapi Siaga, Polisi Kerahkan 3.500 Personel untuk Evakuasi & Pengamanan

Lugas Subarkah
Rabu, 11 November 2020 - 19:57 WIB
Sunartono
Merapi Siaga, Polisi Kerahkan 3.500 Personel untuk Evakuasi & Pengamanan Sejumlah lansia dari lereng Merapi duduk-duduk di lokasi pengungsian Balai Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman pada hari Senin (9/11/2020). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Menghadapi erupsi Gunung Merapi yang diperkirakan semakin dekat, Polda DIY menyiagakan sebanyak 3.500 personel untuk pengamanan dan evakuasi. Untuk menjaga rumah yang ditinggalkan pemiliknya mengungsi, pihaknya lakukan patroli.

Wakapolda DIY, Brigjen Pol R Slamet Santoso, menjelaskan personil yang disiagakan tersebut merupakan gabungan dari Brimob, Sabara dan Lalu lintas. “Akan bergabung juga dengan BPBD, TNI dan lainnya,” ujarnya, Rabu (11/11/2020).

Advertisement

BACA JUGA : Rabu Pagi, Terjadi 3 Kali Guguran Material Vulkanik Merapi 

Polisi akan ditugaskan mulai dari pra bencana, saat terjadi dan pasca bencana sehingga seluruh kebutuhan perlindungan dan evakuasi diharapkan dapat terpenuhi. “Kami tempatkan di titik-titik penyekatan yang mau naik dan turun, kemudian di tempat-tempat evakuasi pengungsi, juga tempatkan pengaturan arus lalu lintas baik yang mau naik maupun turun,” kata dia.

Pihaknya juga akan lakukan patroli pada rumah-rumah yang ditinggalkan pemiliknya sehingga tidak terjadi pencurian dan tindak kejahatan lainnya. “Tim forensik dari dokkes, kami libatkan pada pasca terjadi bencana. Ada tahap rehabilitasi,” kata dia.

BACA JUGA : HARIAN JOGJA HARI INI: Bahaya Merapi ke Arah Kali Gendol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement