Gudang KPU Gunungkidul Disemprot Cairan Anti Rayap

Ilustrasi. - JIBI/Nicolous Irawan
12 November 2020 16:37 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI – KPU Gunungkidul memastikan penyimpanan kotak suara karton berada di tempat yang aman. Selain memastikan tidak ada kebocoran, di gudang penyimanan sudah dilakukan fumigasi untuk serangan rayap.

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani mengatakan, penyimpanan kotak suara terbuat dari karton sudah sesuai dengan standar. Kotak yang berjumlah 2.026 unit ini datang pada Jumat (6/11/2020) lalu. Menurut dia, kondisi kotak masih berupa kartonan dan belum dirangkai menjadi kotak suara. “Kami masih menunggu alat yang digunakan untuk merangkai dan rencananya baru akan dikirim oleh rekanan,” kata Hani, Kamis (12/11/2020).

BACA JUGA : KPU Gunungkidul Siapkan Alat Bantu bagi Pemilih

Dia menuturkan, sebelu lembaran kotak suara ini disimpan, KPU sudah melakukan beberapa antisipasi agar tidak terjadi kerusakan. Selain memastikan gudang penyimpanan tidak mengalami kebocoran, petugas juga telah melakukan penyemprotan cairan anti rayap. “Untuk penyimpanan juga tidak langsung berada di atas lantai. Sebab, ada papan-papan kayu yang dipasang sebagai lapisan pengaman,” ungkapnya.

Hani mengatakan, penyimpanan kotak-kotak ini tidak akan selama dengan pelaksanaan Pemilu di tahun lalu. Pasalnya, kotak-kotak ini sudah mulai didistribusikan beberapa hari sebelum pecoblosan.

“Pelaksanaan pemilihan masih 28 hari. Tapi, kami tetap berusaha melakukan pengamanan yang baik sehingga kotak suara tidak ada yang rusak. Kalau, perlu kami akan menambah pelaksanaan fumigasi agar benar-benar aman,” katanya.

BACA JUGA : Pemilih Pilkada Gunungkidul Tahun Ini Ditetapkan Sebanyak

Ditambahkan dia, proses pengadaan logistik terus dilakukan. Untuk kebutuhan pencoblosan beberapa perlengakapan sudah tiba di KPU seperti peralatan pencoblosan dan kotak suara. Sedangkan untuk surat suara, Hani mengakui masih dalam proses pencetakan.

“Kami bersama-sama dengan perwakilan dari KPU akan melihat kesiapan akhir untuk pencetakan. Mudah-mudahan lancar dan surat suara bisa tiba di Gunungkidul secepatya,” ungkapnya.

Anggota Bawaslu Gunungkidul, Rosita mengatakan, pihaknya benar-benar meminta kepada KPU agar memastikan penyimpanan logistik pilkada aman sehingga tidak terjadi kerusakan. Menurut dia, keamanan ini sangat penting agar tidak mengganggu kelancaran dalam tahapan.

“Keamanan losgistik harus benar-benar dijaga. Sebagai contoh untuk kotak suara yang terbuat dari karton jangan sampai bocor untuk lokasi penyimpanannya,” katanya.