Advertisement

Ancaman Merapi, BNPB: Erupsi, Pandemi, La Nina & Banjir Lahar

Lugas Subarkah
Jum'at, 13 November 2020 - 21:17 WIB
Sunartono
Ancaman Merapi, BNPB: Erupsi, Pandemi, La Nina & Banjir Lahar Kubah lava Gunung Merapi terlihat dari Dam Sabo Kali Gendol, Bronggang, Cangkringan, Sleman, Minggu (12/4/2020). - ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Deputi Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Lilik Kurniawan, mengatakan saat ini BNPB dan beberapa kementerian Lembaga sudah hadir di Jogja. “Kami akan memastikan SOP sudah berjalan dengan baik,” ujarnya Jumat (13/11/2020).

Sejak 2010 kata dia, sejumlah desa di sekitar Merapi telah dibentuk Desa Tangguh Bencana (Destana) sehingga kesiapan masyarakat sudah cukup kuat. Di samping itu, ia berharap di lokasi evakuasi tidak terjadi klaster covid-19 baru. Pihaknya juga akan mendukung tes swab antigen bagi relawan yang masuk tempat evakuasi.

Advertisement

BACA JUGA : BPPTKG Beberkan Perkiraan Panjang Luncuran Awan Panas

Selain itu yang perlu diwaspadai juga adalah banjir lahar dingin, terlebih saat ini terjadi lanina sehingga meningkatkan curah hujan tahun ini sebesar 40%, dengan puncak diperkirakan terjadi pada Desember, Januari dan Februari.

“Mulai 2010 sudah pasang CCTV, sekarang masih ada. Kita bisa lihat menit ke menit, dan bagaimana rencana kontigensi ancaman banjir lahar dingin ini. Saat ini ada tiga ancaman, yakni erupsi, pandemi dan la nina, terkait banjir lahar,” kata dia.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Biwara Yuswantana, menjelaskan saat ini,total warga yang telah diungsikan yakni sebanyak 196 orang, dengan 167 orang diantaranya kelompok rentan, dengan rincian lansia 86 orang, anak-anak 24 orang, balita 25 orang, ibu hamil satu orang, ibu menyusui 17 orang dan difabel 14 orang.

BACA JUGA : HARIAN JOGJA HARI INI: Kondisi Merapi Lampaui Erupsi 2006

Semua pengungsi merupakan warga Dusun Kalitengah Lor, dengan lokasi pengungsian di kompleks Balaidesa Glagaharjo. “Sektor tengah dan barat diadakan persiapan dan penataan. Di Turgo ada 510 warga, yang rentan 196 orang. Sudah mulai penataan dan persiapan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement