Milad ke-60, SMP Muhammadiyah 1 Prambanan Fokus Tingkatkan Kreativitas Guru dan Murid

Civitas SMP Muhammadiyah 1 Prambanan saat berfoto bersama dalam rangka milad ke-60 pada Sabtu (14/11/2020). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo
15 November 2020 07:47 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :


Harianjogja.com, SLEMAN--SMP Muhammadiyah 1 Prambanan meluncurkan studio mini sekolah dalam rangka milad ke-60 pada Sabtu (14/11/2020). SMP Muhammadiyah 1 Prambanan, yang terletak di perbatasan Klaten, Jawa Tengah dan Sleman, DIY, tepatnya di dusun Gatak Bokoharjo, Prambanan Sleman, pada 12 November 2020 lalu genap berusia 60 tahun.

Kepala SMP Muhammadiyah 1 Prambanan Daswati Rofiatun Sahifah mengatakan sekolah tersebut memiliki visi islami, unggul dalam prestasi, berdaya saing dan mandiri, juga memiliki branding sekolah tersendiri, yakni sekolahnya anak sholeh.

"Di usia yang lebih dari setengah abad ini, pada tahun pelajaran 2020/2021, SMP Muhammadiyah 1 Prambanan memiliki siswa sebanyak 15 rombongan belajar dengan jumlah 470 siswa, 37 guru dan 9 karyawan," ujar Daswati saat dikonfirmasi pada Sabtu (14/11/2020).

Baca juga: SMA Negeri 1 Temon Kulonprogo Berkomitmen Memenuhi dan Melindungi Hak Anak

Sebagai tanda rasa syukur kepada Tuhan, SMP Muhammadiyah 1 Prambanan menggelar rangkaian milad ke-60 dan songsong Milad Muhammadiyah ke-108. Berbagai acara diramu selain untuk meningkatkan kreativitas guru dan siswa juga sebagai syiar dakwah sekolah kepada masyarakat.

"Karena masa Pandemi Covid-19, maka rangkaian milad ini digelar lebih sederhana dengan tetap hikmat. Pada masa pandemi ini, SMP Muhammadiyah 1 Prambanan juga memiliki prestasi dalam ajang bergengsi," sambung Daswati.

Prestasi tersebut di antaranya, Juara 1 Kepala Sekolah Berprestasi Jenjang SMP Tingkat Kabupaten Sleman Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, dan Finalis Kepala Sekolah Dedikatif, Inovatif dan Inspiratif Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pada bulan November 2020 ini.

"Alhamdulillah, SMP ini juga lolos seleksi dalam program Kementerian Keuangan Mengajar 5 (KM5) yang akan diselenggarakan serentak se-Indonesia pada 30 November 2020 secara daring melalui ruang-ruang zoom meeting pada 15 rombongan belajar," terangnya.

Baca juga: SMK di Jogja Sudah Mulai Laksanakan KBM Luring

Rangkaian Milad ke-60 SMP Muhammadiyah 1 Prambanan ini bertujuan meningkatkan kreatifitas siswa dengan berbagai lomba, diantaranya melukis, azan, tartil, TikTok kiat anak soleh, dan lainnya.

SMP Muhammadiyah 1 Prambanan juga meluncurkan Studio Musapra, sebagai media pendukung belajar dari rumah dan syiar dakwah sekolah. Tidak hanya itu, SMP Muhammadiyah 1 Prambanan juga meluncurkan amal usaha sekolah Bening Qalbu Training Centre yang bergerak pada layanan jasa Motivasi, Parenting dan ESQ.

"Semoga SMP Muhammadiyah 1 Prambanan dapat menjadi acuan dalam pengembangan literasi dan memperkaya khazanah prestasi jagad edukasi di persyarikatan Muhammadiyah dan pendidikan di Kabupaten Sleman. Semoga Allah meridhoi seluruh aktivitas kita. Senantiasa sehat dan membawa manfaat, pandemi segera diangkat Allah dari muka bumi ini," pungkas Daswati.