Advertisement

Tempat Cuci Tangan Bukan Sekadar Pajangan

David Kurniawan
Minggu, 15 November 2020 - 15:27 WIB
Budi Cahyana
Tempat Cuci Tangan Bukan Sekadar Pajangan Ingat pesan ibu, cuci tangan dengan sabun. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gunungkidul, Johan Eko Sudarto mengingatkan kepada pengunjung pasar untuk memanfaatkan tempat cuci tangan yang ada di pasar-pasar. Fasilitas ini dipasang sebagai upaya untuk menerapkan protokol kesehatan sehingga bisa memutus mata rantai penyebaran virus Corona penyebab Covid-19.

“Tempat ini [fasilitas cuci tangan] bukan pajangan, tetapi dipasang untuk menegakkan protokol kesehatan di lingkungan pasar. Jadi, harus dimanfaatkan demi kebaikan bersama,” katanya kepada Harianjogja.com, Minggu (15/11/2020).

Advertisement

Johan mengatakan jumlah fasilitas cuci tangan di setiap pasar berbeda. “Yang jelas terpasang di setiap pintu masuk dan keluar,” ungkapnya.

Menurut dia, kesadaran masyarkat di lingkungan pasar dalam penerapan protokol kesehatan sudah baik tetapi masih butuh ditingkatkan.

Johan menyebut penerapan adaptasi kebiasaan baru butuh proses. “Kami terus lakukan sosialisasi, baik kepada pedangan maupun pengunjung di pasar,” katanya.

Ia menjelaskan sosialisasi dilakukan dengan berbagai cara. Selain menggunakan spanduk tentang disiplin kesehatan, sosialisasi juga dilakukan dengan memanfaatkan pengeras suara di sejumlah pasar seperti Argosari, Playen, Trowono dan Legundi. “Lewat pengeras suara ini, kami ingatkan kepada masyarakat yang beraktivitas pasar untuk terus disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan,” katanya.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Bupati Gunungkidul, Badingah. Menurut dia, penularan Covid-19 masih harus diwaspadai.

Ia berharap masyarakat terus patuh dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan pencegah Covid-19. “Tetap jaga jarak, sering-sering cuci tangan menggunakan sabun. Apabila berada di luar rumah, wajib menggunakan masker untuk melindungi diri sendiri dan orang lain,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement