Advertisement

Material Merapi Berguguran, Rombongan Lutung Mulai Turun Gunung

Hafit Yudi Suprobo
Selasa, 24 November 2020 - 19:57 WIB
Bhekti Suryani
Material Merapi Berguguran, Rombongan Lutung Mulai Turun Gunung Balai Taman Nasional Gunung Merapi menyatakan jika sejumlah lutung terpantau mulai turun ke Dusun Pajegan, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten pada Minggu (22/11/2020) lalu. Ist - Balai Taman Nasional Gunung Merapi.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Balai Taman Nasional Gunung Merapi menyatakan jika sejumlah lutung terpantau mulai turun ke Dusun Pajegan, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten pada Minggu (22/11/2020) lalu.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi (btngm) Pujiati, mengatakan sebelum sejumlah lutung turun ke Dusun Pajegan, terjadi guguran material Merapi yang terpantau dari CCTV BPPTKG yang ada di Deles, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah pada Minggu (22/11/2020) pukul 06.50 pagi. Pasca terjadi guguran, sejumlah lutung terpantau turun ke Dusun Pajegan.

Advertisement

"Kemarin Minggu (22/11/2020) pukul 08.00 pagi sempat turun lima ekor lutung di Dusun Pajegan, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten. Saat ini, lutung tersebut sudah kembali ke hutan," ujar Pujiati saat dikonfirmasi pada Selasa (24/11/2020).

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh Balai Taman Nasional Gunung Merapi, lutung yang berada di wilayah Kemalang, Klaten, Jawa Tengah jumlahnya hingga puluhan ekor.

BACA JUGA: KABAR KAMPUS: Dikukuhkan Jadi Guru Besar, Dosen Ini Teliti Manfaat Herbal untuk Covid-19

"Hasil monitoring lutung pada Oktober 2020 di wilayah Kemalang, Klaten, Jawa Tengah, terpantau ada 19 ekor terdiri dari anak-anak, remaja dan dewasa," ungkapnya.

Hasil pemantauan lutung sendiri diakui Pujiati belum diolah secara keseluruhan. Artinya, BTNGM baru melakukan pemantauan di satu lokasi.

"Baru di lokasi ini (Kemalang, Klaten, Jawa Tengah) yang kemarin terlihat lutung turun. Aktivitas hewan masih biasa," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PPP Disebut Pengamat Segera Gabung Prabowo

News
| Selasa, 16 April 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement