Material Merapi Berguguran, Rombongan Lutung Mulai Turun Gunung

Balai Taman Nasional Gunung Merapi menyatakan jika sejumlah lutung terpantau mulai turun ke Dusun Pajegan, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten pada Minggu (22/11/2020) lalu. Ist - Balai Taman Nasional Gunung Merapi.
24 November 2020 19:57 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Balai Taman Nasional Gunung Merapi menyatakan jika sejumlah lutung terpantau mulai turun ke Dusun Pajegan, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten pada Minggu (22/11/2020) lalu.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi (btngm) Pujiati, mengatakan sebelum sejumlah lutung turun ke Dusun Pajegan, terjadi guguran material Merapi yang terpantau dari CCTV BPPTKG yang ada di Deles, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah pada Minggu (22/11/2020) pukul 06.50 pagi. Pasca terjadi guguran, sejumlah lutung terpantau turun ke Dusun Pajegan.

"Kemarin Minggu (22/11/2020) pukul 08.00 pagi sempat turun lima ekor lutung di Dusun Pajegan, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten. Saat ini, lutung tersebut sudah kembali ke hutan," ujar Pujiati saat dikonfirmasi pada Selasa (24/11/2020).

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh Balai Taman Nasional Gunung Merapi, lutung yang berada di wilayah Kemalang, Klaten, Jawa Tengah jumlahnya hingga puluhan ekor.

BACA JUGA: KABAR KAMPUS: Dikukuhkan Jadi Guru Besar, Dosen Ini Teliti Manfaat Herbal untuk Covid-19

"Hasil monitoring lutung pada Oktober 2020 di wilayah Kemalang, Klaten, Jawa Tengah, terpantau ada 19 ekor terdiri dari anak-anak, remaja dan dewasa," ungkapnya.

Hasil pemantauan lutung sendiri diakui Pujiati belum diolah secara keseluruhan. Artinya, BTNGM baru melakukan pemantauan di satu lokasi.

"Baru di lokasi ini (Kemalang, Klaten, Jawa Tengah) yang kemarin terlihat lutung turun. Aktivitas hewan masih biasa," pungkasnya.