Dinas Optimistis Hasil Panen di Musim Pertama Akan Maksimal

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
15 Desember 2020 11:17 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI – Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul menyakini hasil panen di musim tanam pertama dapat dioptimalkan. Hal ini tak lepas dari pengamatan terhadap pengendalian hama pertanian di masyarakat.

Kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Raharjo Yuwono mengatakan, pihaknya sudah melakukan sejumlah pemantauan di beberapa lokasi. Adapun hasilnya, tanaman milik petani tumbuh subur dan jauh dari serangan hama.

BACA JUGA : Dongkrak Produktivitas Pertanian, Pemkab Gunungkidul

“Tumbuhnya baik dan diprediksi mulai Januari sudah bisa panen,” kata Raharjo kepada wartawan, Senin (14/12/2020).

Menurut dia, keyakinan ini juga tidak lepas dari curah hujan yang masih dalam kategori aman sehingga tidak merusak tanaman pertanian milik masyarakat. “Curahnya masih aman dan belum ada lahan yang rusak akibat cuaca ekstrem. Kalau terus begini, maka hasilnya bisa maksimal,” katanya.

Meski demikian, ia berharap kepada petani agar terus melakukan pengamatan agar pengendalian hama bisa dilakukan sejak awal. “Kalau diamati terus maka pertumbuhannya bisa terlihat dan saat ada hama bisa diantisipasi sejak awal sehingga tidak menyebabkan kerusakan,” katanya.

BACA JUGA : Generasi Muda Gunungkidul Diminta Tidak Takut Jadi Petani