Advertisement

Dongkrak Produktivitas Pertanian, Pemkab Gunungkidul Bagikan Puluhan Alsintan

David Kurniawan
Selasa, 09 Juni 2020 - 20:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Dongkrak Produktivitas Pertanian, Pemkab Gunungkidul Bagikan Puluhan Alsintan Bupati Gunungkidul Badingah menyerahkan bantuan alat pertanian kepada perwakilan kelompok tani di Halaman Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Selasa (9/6/2020)/Istimewa - DPP Gunungkidul

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDULPemkab Gunungkidul menyalurkan puluhan alat mesin pertanian (alsintan) ke sejumlah kelompok tani. Diharapkan bantuan alat ini dapat meningkatkan produktivitas pertanian masyarakat.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto, mengatakan ada sejumlah alsintan yang diberikan kepada klomtan meliputi 16 pompa air, 15 power threser atau alat perontok gabah, tiga traktor roda dua, empat handsprayer dan lima mesin pencacah rumput. “Bantuan tidak hanya dari Pemkab Gunungkidul tetapi ada yang berasal dari Pemda DIY maupun Pemerintah Pusat,” kata Bambang, Selasa (9/6).

Advertisement

Menurut dia, mayoritas bantuan diberikan untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Diharapkan dengan alat tersebut maka pengolahan dan pemeliharaan tanaman bisa lebih dioptimalkan. “Tidak hanya untuk pertanian, kami juga memberikan bantuan alat pencacah rumput unuk kelompok peternak,” ungkapnya.

Masing-masing alat yang diberikan, menurut Bambang, memiliki fungsi yang berbeda-beda. Sebagai contoh, pemberian pompa air untuk mengantisipasi adanya kekeringan sehingga tanaman bisa tumbuh subur meskipun memasuki musim kemarau. “Kalau power threser untuk mengurangi hilangnya hasil panen khususnya gabah karena tercecer sehingga panen bisa lebih optimal,” katanya.

Bupati Gunungkidul, Badingah, meminta para petani tetap bersemangat meski ada penyebaran virus Corona. “Jangan patah semangat dan tetap yakin musibah ini bisa dilalui bersama,” katanya.

Badingah mengatakan bantuan alat pertanian ini merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh petani. Ia juga berpesan agar alat-alat ini benar-benar dimaksimalkan dalam upaya meningkatkan hasil produktivitas pertanian. “Harus dimanfaatkan dengan baik dan yang tak kalah penting harus dirawat sehingga bisa terus digunakan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Es Krim Magnum Ditarik karena Mengandung Plastik dan Logam, Ini Kata BPOM

News
| Rabu, 24 April 2024, 17:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement