Tanggap Darurat Covid-19 DIY Diperpanjang, Tatap Muka Sekolah Paling Cepat Februari

Ilustrasi - Freepik
24 Desember 2020 12:07 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY kembali memperpanjang status Tanggap Darurat Covi-19 selama satu bulan pada Januari 2021. Perpanjangan diputuskan lewat Keputusan Gubernur DIY No. 388/KEP/2020 tentang Perpanjangan Kedelapan Status Tanggap Darurat Covid-19 DIY.

Dalam surat keputusan yang terbit pada Selasa (22/12/2020) kemarin, Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, menuturkan status tanggap darurat diperpanjang mulai 1 hingga 31 Januari 2021. “Dapat diperpanjang sesuai sesuai kondisi dan perkembangan yang terjadi,” katanya.

BACA JUGA: Kisah Para Penyintas Covid-19: Usaha Bangkit dari Keterpurukan Mental

Gubernur menugaskan Wakil Gubernur DIY selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY untuk mengambil tindakan untuk mencegah dampak buruk covid-19 meliputi penyelamatan dan evakuasi, isolasi, perlindungan dan pengurusan penyintas Covid-19.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji, menuturkan Pemda DIY sampai saat ini belum memutuskan kapan sekolah tatap muka dimulai. “Sekarang belum memutuskan kapan dimulai,” kata dia.

Meski demikian, ia memastikan sekolah tatap muka paling cepat dimulai Februari, itu pun dengan melihat perkembangan kondisi Covid-19 di DIY. Pemda DIY juga akan memulai pembelajaran tatap muka sekolah apabila tingkat perguruan tinggi sudah mulai terlebih dahulu.

“Kalau mahasiswa belum jalan kami belum berani di bawahnya [sekolah]. Kami harus hati-hati benar karena kesehatan peserta didik itu harus diutamakan,” katanya.