Hari Tenang, Belum Ada Laporan Pelanggaran Pilkades

Ilustrasi. - Freepik
26 Desember 2020 06:37 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Selama hari tenang, Polres Bantul belum menerima laporan pelanggaran oleh calon lurah. Kendati demikian, sejumlah upaya terus dilakukan guna meminimalkan hal-hal yang tidak diinginkan termasuk gesekan horizontal seusai pemungutan suara.

“Sampai saat ini belum ada laporan yang mengarah kepada pelanggaran pemilihan lurah,” kata Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistyono, di sela-sela Deklarasi Pemilihan Lurah Aman Damai Menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 di Gedung Parasamya, Kamis (24/12/2020).

Meski tak ada laporan, Wachyu menyatakan jajarannya tak diam. Petugas dari Polres Bantul terus memantau kondisi di lapangan, sehingga saat ada laporan tindakan hukum bisa langsung dilakukan. Guna mencegah adanya gesekan horizontal antarpendukung, Polres Bantul juga memaksimalkan keberadaan Bhabinkamtibmas di masing-masing. Mereka akan meredam situasi jika ada potensi gesekan sebelum, sesaat dan sesudah pilkades dilaksanakan. “Bhabinkamtibmas melakukan pendekatan agar semua kegiatan berjalan dengan kondusif,” kata Kapolres.

Kapolres berharap agar para calon lurah bisa bersaing secara sehat dan tidak mengajak pendukungnya untuk memperkeruh suasana pemilihan. Jika nantinya ada persoalan, diharapkan bisa diselesaikan dengan cara yang baik. “Dengan cara kekeluargaan tentunya,” kata Wachyu.

Bupati Bantul, Suharsono di hadapan 75 calon lurah berharap agar mereka bisa menjaga ketenteraman wilayah. “Semuanya harus bisa menjaga kondusivitas lingkungan,” kata Suharsono.