Generasi Muda DIY Didorong Agar Tak Apatis terhadap Politik

Muswil V BM PAN DIY di Pendopo Kantor DPW BM PAN DIY Jalan Imogiri, Kota Jogja, Kamis (31/12/2020). - Ist/ Dok BM PAN
01 Januari 2021 10:37 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA— Musyawarah Wilayah (Muswil) V Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (BM-PAN) DIY berjalan tanpa perdebatan. Bertempat di Pendopo Kantor DPW BM PAN DIY Jalan Imogiri, Kota Jogja, forum ini memutuskan Herry Fahamsyah sebagai ketua terpilih untuk periode 2020-2025 mendatang. Herry bersepakat akan merangkul semua pihak yang mendorong anak muda milenial agar tidak apatis terhadap politik.

Muswil BM PAN DIY ini dilakukan sehari setelah pelaksanaan Muswil DPW PAN DIY yang digelar pada Rabu (30/12/2020) di Hotel Grand Inna Malioboro. Muswil DPW PAN DIY pun berjalan mulus tanpa diwarnai adu gagasan yang alot hingga menetapkan Suharwanta yang Wakil Ketua DPRD DIY sebagai ketua.

Baca juga: Terduga Penghina Lagu Indonesia Raya Seorang WNI, Bekerja Sebagai Buruh di Sabah

Adapun Ketua Terpilih BM PAN DIY Herry Fahamsyah didampingi oleh dua sekretaris Wiwid HS dari Kota Jogja sebagai sekretaris dan Hendri S dari Gunungkidul. Herry bertekad untuk menjadikan organisasi yang ia pimpin sebagai wadah bagi anak mudah untuk memiliki kepedulian terhadap politik.

“Menurut kami penting melakukan pendidikan politik kepada anak-anak muda era saat ini, agar mereka tidak menjadi apatisme terhadap politik. BM PAN akan menjadi wadah yang strategis bagi anak anak muda dalam menemukan jati diri dan mengembangkan diri,” terangnya Kamis (31/12/2020).

Baca juga: Sudah 38 Polisi di Magelang Terpapar Covid-19

Pihaknya akan menjadikan organisasinya sebagai kawah candradimuka bagi PAN sekaligus bersinergi sesuai garis organisasi baik dengan DPW PAN DIY maupun dengan DPD PAN di Kabupaten/Kota di DIY. “Kami akan menjalin komunikasi dengan organsasi kepemudaan lainnya,” kata dia.

Peserta muswil dihadiri perwakilan seluruh Kabupaten/Kota se-DIY, termasuk perwakilan tingkat cabang. Selain itu juga dari unsur DPW PAN DIY serta DPP BM PAN, yaitu Ketua Umum DPP BM PAN Ahmad Yohan, Wakil Ketua DPP BM PAN Indaruwanto Eko Cahyono dan Ketua terpilih DPW PAN DIY Suharwanta.

BM PAN sebagai organisasi sayap partai berlambang matahari ini memiliki peran penting dalam kancah perpolitikan lokal maupun nasional. Mereka banyak yang menjadi wakil rakyat baik di level kabupaten, kota, provinsi hingga nasional.

“Kami berharap kepengurusan BM PAN DIY yang baru bisa melaksanakan tugasnya dengan baik. Selama ini BM PAN sudah banyak melahirkan sosok yang produktif dan berkualitas dalam berpolitik,” kata Ketua DPP BM PAN Ahmad Yohan.