Advertisement

Merapi Luncurkan Awan Panas Pertama 2021, Status Tak Berubah Jadi Awas. Ini Alasannya

Bhekti Suryani
Kamis, 07 Januari 2021 - 13:07 WIB
Bhekti Suryani
Merapi Luncurkan Awan Panas Pertama 2021, Status Tak Berubah Jadi Awas. Ini Alasannya Gunung Merapi difoto dari kawasan Kinahrejo, Cangkringan, Sleman, DIY, Rabu (18/11/2020). - ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Gunung Merapi meluncurkan awan panas pertama pada Kamis (7/1/2021) pukul 08.02 WIB. Kendati demikian pemerintah belum mengubah status bencana menjadi Awas.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida mengatakan, kendati telah terjadi awan panas pertama namun status bencana Gunung Merapi saat ini mtetap masih sama yakni Siaga Level III.

Advertisement

Menurutnya, penentuan status bencana sangat tergantung dengan seberapa besar ancaman bencana itu terhadap penduduk. Saat ini radius bahaya bencana Merapi masih ditetapkan sejauh lima kilometer. Artinya di luar radius lima kilometer masih aman, itu sebabnya status masih belum berubah.

BACA JUGA: Jarak Luncur Awan Panas Merapi Tak Sampai 1 Kilometer

"Jadi status masih sama, karena status Awas atau semua status aktivitas gunung api penilaiannya berdasarkan ancaman penduduk. Kalau ini kan kami sudah berikan rekomendasi asesmen bahayanya lima kilometer. Itu masih aman. Sampai saat ini potensi bahaya belum sampai lebih dari lima kilometer," kata Hanik Humaida melalui rilis ke media yang disampaikan lewat pesan suara, Kamis (7/1/2020).

Hanik juga mengatakan luncuran awan panas itu terjadi bukan karena letusan tetapi hanya guguran material Gunung Merapi.Awan panas ini mengarah ke hulu Kali Krasak atau ke arah barat daya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement