Advertisement

ERUPSI MERAPI: Barak Pengungsian untuk Warga Turi Disiapkan

Hafit Yudi Suprobo
Jum'at, 08 Januari 2021 - 18:57 WIB
Bhekti Suryani
ERUPSI MERAPI: Barak Pengungsian untuk Warga Turi Disiapkan Gunung Merapi mengeluarkan lava pijar yang terlihat dari Tunggularum, Wonokerto, Turi, Sleman, DIY, Rabu (7/1/2021). - ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Pemerintah Kecamatan Turi menyiapkan tiga barak pengungsian untuk menampung warga dalam upaya mengantisipasi potensi bencana Gunung Merapi. Tiga barak pengungsian terdiri dari dua barak pengungsian yang berada di desa Girikerto, Turi, Sleman. Sedangkan, satu barak pengungsian berada di desa Wonokerto, Turi, Sleman.

Camat Turi, Subagyo, mengatakan tiga barak pengungsian disiapkan bagi warga untuk mengungsi jika skala ancaman bahaya Gunung Merapi berkembang. Sehingga, proses evakuasi kepada warga harus dilakukan.

Advertisement

"Barak pengungsian ada tiga Girikerto ada dua barak pengungsian, sedangkan di Wonokerto ada satu barak pengungsian. Tidak hanya barak pengungsian, kami juga siapkan sejumlah sekolah sebagai barak pengungsian jika seandainya nanti harus dilakukan evakuasi," ujar Camat Turi, Subagyo, saat dikonfirmasi pada Jumat (8/1/2021).

Kapasitas per barak sendiri harus mengalami penyusutan imbas prosedur penyekatan yang harus dilakukan di barak pengungsian guna mendukung terselenggaranya protokol pencegahan penularan Covid-19 di barak pengungsian. Barak yang tadinya mampu menampung sekitar 300 orang, akhirnya hanya mampu menampung sekitar 150 orang.

"Karena dalam rangka prosedur protokol pencegahan penularan Covid-19 akhirnya kapasitas hanya tinggal separuhnya, sekitar 150 orang. Untuk penyekatan (bilik) sudah kami lakukan di barak pengungsian. Untuk barak pengungsian di SD belum kita lakukan penyekatan," sambung Subagyo.

Berdasarkan catatan dari pemerintah Kecamatan Turi, ada dua desa yang berada paling dekat dengan puncak Gunung Merapi. Di antaranya, Desa Girikerto yang berada di radius sekitar tujuh kilometer dari puncak Gunung Merapi. Sedangkan, Desa Wonokerto berada dalam radius sekitar 10 kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Alasan Kepolisian Hentikan Penyidikan Kasus Aiman Witjaksono

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement