15 Raperda di Sleman Siap Dibahas Tahun Ini

ilustrasi Perda
15 Januari 2021 03:27 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Program DPRD Sleman siap membahas sebanyak 15 rancangan peraturan daerah (Raperda) yang termasuk dalam program legislasi daerah (Prolegda) 2021. Salah satunya terkait Raperda terkait Perburuan Satwa.

Ketua DPRD Sleman Haris Sugiharta mengatakan tahun ini terdapat 15 Raperda yang akan dibahas oleh anggota Dewan. Kelimabelas Raperda tersebut, empat Raperda merupakan inisiasi dari DPRD dan sisanya inisiasi dari Pemkab Sleman. "Saat ini Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) mulai menyusun pembahasan Raperda sesuai skala prioritas," katanya, Kamis (14/1/2021).

Empat Raperda inisiasi legislatif yang akan dibahas meliputi, Raperda Pembinaan Jasa Konstruksi, Raperda Perubahan Perda terkait Penyelenggaraan Perlindungan dan Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas, Raperda Perubahan Perda terkait Perparkiran, dan Raperda Perubahan Perda terkait Penyidik PNS. "Semua Raperda yang masuk dalam Prolegda tentu didasarkan pada skala prioritas," ujarnya.

Sementara 11 Raperda lainnya yang merupakan inisiatif Pemkab selain berkenaan dengan Perubahan APBD 2021, Pembahasan RAPBD 2022, RPJMD Sleman, dan RTRW Sleman, juga membahas sejumlah aturan. Mulai dari Raperda Perburuan Satwa Liar, Pamong Kalurahan, Managemen dan Rekayasa Lalin serta Rencana Pengembangan Kawasan Industri di Sleman.

Agar pembahasan berjalan efektif dan efesien, rencananya DPRD Sleman akan menempati gedung barunya pada awal Februari mendatang. Saat ini, proyek pembangunan gedung tersebut masuk tahap finishing dan ditargetkan akhir Januari selesai. Gedung baru DPRD Sleman ini dibangun empat lantai termasuk basement dan rooftop yang digunakan untuk UMKM.

"Setiap anggota dewan nanti memiliki ruang sendiri yang berada di dalam ruang fraksi. Kami berharap gedung baru ini mampu meningkatkan kinerja anggota dewan," harapnya.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Gedung DPRD Kabupaten Sleman Sukarmin mengatakan saat ini proses pembangunan gedung DPRD Sleman tinggal menyelesaikan pembersihan dan perapian bangunan saja. "Tinggal sedikit lagi, pertengahan Januari sudah selesai sehingga awal Februari sudah diresmikan,” katanya.