Advertisement

Banyak Pelanggaran! Seperti Ini Suasana Hari ke-13 PTKM di Jogja

Sirojul Khafid
Minggu, 24 Januari 2021 - 19:17 WIB
Nina Atmasari
Banyak Pelanggaran! Seperti Ini Suasana Hari ke-13 PTKM di Jogja Suasana Malioboro yang ditutup untuk kendaraan bermotor setelah pukul 19.00 WIB pada masa PTKM, Sabtu (23/1/2021). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Memasuki hari ke-13 Pengetatan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) di DIY, banyak pedagang di daerah Alun-Alun Utara (Altar) yang beroperasi melebihi pukul 19.00 WIB pada hari Sabtu (23/1/2021).

Kebanyakan yang melanggar yaitu pedagang kecil yang berada di sisi Barat. Mereka masih menyediakan kursi untuk para pelanggan yang datang. Terpantau beberapa pelanggan yang mengisi kursi yang tersedia.

Di sisi Timur Altar juga terpantau banyak pedagang kecil seperti angkringan dan ronde yang buka melebihi pukul 19.00 WIB. Mereka menyediakan tikar untuk para pelanggan. Terpantau beberapa pelanggar menikmati makanan dan minuman di tempat.

Baca juga: Update Corona DIY 24 Januari: 210 Positif, 186 Sembuh dan 9 Meninggal

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dibanding hari-hari biasa yang bukan akhir pekan, pedagang yang membuka dagangannya tergolong lebih sedikit, walaupun masih tetap ada yang buka. Kondisi akhir pekan kemarin memang cukup ramai. Banyak orang yang menghabiskan waktu di pinggir Altar. Kebanyakan mereka rombongan dua orang. Adaula yang berkelompok melebihi tiga orang.

Sebelumnya, Komunitas Pedagang Altar memang sempat melakukan aksi protes di Balai Kota Jogja terkait pembatasan operasional pukul 19.00 WIB. Seusai aksi, mereka menyatakan akan tetap berjualan seperti biasa, atau melebihi ketentuan jam operasional selama PTKM. Mereka hanya akan menutup dagangan apabila ditegur oleh pihak keamanan.

Baca juga: Di Bantul, Ratusan Tempat Usaha Langgar Prokes & Puluhan Ditutup Paksa

Sementara itu, di wilayah Taman Sari sudah banyak pedagang yang tutup setelah pukul 19.00 WIB. Adapun warung yang masih buka tidak menyediakan kursi dan hanya melayani sistem bungkus. Untuk area Alun-Alun Kidul (Alkid), tidak terpantau ada pedagang yang masih buka setelah pukul 19.00 WIB. Hanya terlihat beberapa pengunjung yang berjalan-jalan di sekeliling Alkid.

Untuk Jalan P. Mangkubumi, daerah Tugu ke selatan, sebagian besar pedagang sudah menutup dagangannya. Namun masih ada dua pedagang yang masih melakukan kegiatan sekitar pukul 19.30 WIB. Satu tempat makan sedang beres-beres untuk tutup, sementara yang satunya masih melayani pelanggan.

Terlihat masih ada gerombolan pengunjung yang makan di tempat. Pada pantauan sebelumnya, warung ini pernah ditegur oleh petugas keamanan lantaran masih menyediakan tikar untuk pelanggan setelah pukul 19.00 WIB.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

487 Juta Data Whatsapp Diduga Bocor? Begini Kata Meta

News
| Senin, 28 November 2022, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Sajian Musik Etnik Dihadirkan Demi Hidupkan Wisata Budaya Kotagede

Wisata
| Senin, 28 November 2022, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement