Geger, Bangkai Lumba-Lumba Ditemukan Membusuk di Pantai Trisik Kulonprogo

Personel SRI Wilayah V Kulonprogo menunjukkan bangkai lumba-lumba yang terdampar di Pantai Trisik, Galur, Kulonprogo, Selasa (26/1/2021). - Istimewa
27 Januari 2021 14:47 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Bangkai lumba-lumba ditemukan terdampar di kawasan Pantai Trisik, Kapanewon Galur, Kulonprogo, Selasa (26/1/2021).

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah V Kulonprogo, Aris Widyatmoko, mengatakan bangkai itu pertama kali ditemukan warga setempat sekitar pukul 16.30 WIB. Penemuan ini kemudian dilaporkan ke anggota SAR yang berjaga di pantai tersebut.

BACA JUGA: Sleman Siapkan ADD Rp105 Miliar untuk 86 Kalurahan

"Saat ditemukan bangkai itu sudah dalam kondisi membusuk," kata Aris saat dikonfirmasi wartawan Rabu (27/1/2021) siang.

Aris menjelaskan dari hasil pemeriksaan sementara, lumba-lumba malang itu berjenis kelamin betina dengan ukuran panjang sekitar 2 meter dan berat hingga 50 kg. Hingga berita ini ditulis belum diketahui penyebab kematian lumba-lumba tersebut.

"Belum bisa dipastikan, dari pengamatan kami tidak terlihat adanya luka di tubuh lumba-lumba itu, jadi kami tidak bisa berspekulasi," ujarnya.

BACA JUGA: Wirogunan Fokus Jadi Kalurahan Mandiri Ekonomi

Aris mengatakan bangkai lumba-limba tersebut telah dikuburkan di sekitar lokasi penemuan. Namun dalam waktu dekat, tim dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta bakal membongkar kuburan bangkai lumba-lumba tersebut untuk dilakukan pemeriksaan guna mengetahui penyebab pasti kematiannya. 

"Kita tunggu saja hasil pemeriksaan dari BKSDA," ucap Aris.