Belasan Rumah Rusak Tertimpa Pohon di Bantul

Foto ilustrasi pohon tumbang di tengah jalan. - ANTARA FOTO/Budi Candra Setya
28 Januari 2021 15:27 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Belasan rumah mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon tumbang, usai hujan disertai angin kencang di Bantul, Rabu (27/1/2021).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, Dwi Daryanto ada 23 titik di 14 desa yang ada di 11 kapenawon berbeda terdampak  pohon tumbang. Wilayah itu di antaranya kapanewon Bantul, Kasihan, Kretek, Pajangan, Pandak, Pleret, Pundong, Sedayu, Sewon, Srandakan, dan Bambanglipuro.

BACA JUGA : Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Kulonprogo 

Lebih lanjut Dwi memaparkan, tak hanya membuat belasan rumah masuk dalam kategori rusak ringan hingga sedang, pohon tumbang juga telah memicu kerusakan pada jaringan listrik, kendaraan, kandang sapi serta akses jalan tertutup.

“Sejauh ini penanganan dan evakuasi pohon sudah dilakukan, yang melibatkan relawan dan petugas,” kata Dwi,  Kamis (28/1).

Kendati menyebabkan kerusakan ringan dan sedang, Dwi memastikan pohon tumbang sebagai dampak hujan disertai angin kencang  tidak sampai mengakibatkan korban jiwa maupun luka-luka.

BACA JUGA : Pohon Tumbang Saat Angin Kencang di Gunungkidul

“Untuk estimasi kerugian materiil kami perkirakan mencapai sekitar Rp8,4 juta.  Oleh karena itu, kami berharap masyarakat agar tetap meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan mengingat hujan lebat hingga pagi ini masih terjadi,” ucap Dwi.