Advertisement

Kasus Narkoba di Bantul Justru Meningkat saat Pandemi

Jumali
Senin, 01 Februari 2021 - 14:27 WIB
Sunartono
Kasus Narkoba di Bantul Justru Meningkat saat Pandemi Ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bantul melaporkan jika pandemi Covid-19 rupanya tidak membuat kasus narkotika di wilayahnya turun. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah kasus narkotika yang ditangani oleh lembaga ini.

Kepala BNNK Bantul Arfin Munajah mengatakan selama 2020 pihaknya telah melakukan dua kali penangkapan dengan jumlah tersangka mencapai 3 orang. Jumlah ini melebihi dari target dan hasil tankapan BNNK pada 2019 lalu.

Advertisement

BACA JUGA : Selama Pandemi Covid-19, Tempat-Tempat Ini Dipakai Giting

“Di 2019 ada satu kasus yang berhasil kami tangani. Di 2020 target kami hanya satu kasus, tapi berhasil menyelesaikan 2 kasus dengan 3 tersangka. Artinya memang, pandemi tidak membuat peredaran narkoba mengalami penurunan,” kata Arfin, Senin (1/2/2021).

Selain jumlah kasus yang meningkat, Kasubag Umum BNNK Bantul, Budi Suryono menambahkan, pihaknya juga mencatat ada peningkatan jumlah barang bukti. Di mana pada 2020 ada 120 gram sabu-sabu yang berhasil diamankan.

“Padahal pada 2019 hanya dapat 90 gram,” katanya.

Di sisi lain, Arfin mengungkapkan jika target BNNK Bantul sejatinya bukan hanya pemberantasan, namun juga pencegahan, rehabilitasi, dan assesmen terpadu.

BACA JUGA : Peredaran Sabu-Sabu Naik 119 Persen Selama Pandemi

Pada 2019 telah ada 20 orang penyalahgunaan narkoba yang berhasil direhabilitasi. Jumlah itu dalam perkembangannya meningkat menjadi 65 orang pada 2020.

“Dari jumlah itu, ada 20 orang di BNN. Padahal target kami hanya 10 orang saja,” papar Arfin.

Mereka yang direhabilitasi tersebut, masih kata Arfin, rata-rata dirawat di Klinik Rehabilitasi Pratama Abhipraya. Di mana, mereka akan mendapat konseling sebanyak delapan kali untuk pemulihannya.

“Di tempat ini dilakukan assesment. Apakah perlu dirawat inap atau dirujuk ke tempat rehabilitasi yang lebih tinggi nantinya,” terang Arfin.

BACA JUGA : BNNP DIY Waspadai Peredaran Nakorba di Tengah Pandemi

Lebih lanjut Arfin mengungkapkan, jika saat ini pihaknya terus mendorong kepada masyarakat untuk menjauhi narkoba. Karena data dari kepolisian ada tren peningkatan kasus penyalahgunaan narkoba dalam beberapa waktu terakhir.

“Maka dari itu, pencegahan ini terus kami galakkan kepada masyarakat agar tak terjerumus atau tergiur menggunakan barang tersebut," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement