Gunungkidul Targetkan Vaksinasi 70% dari Jumlah Penduduk

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto
05 Februari 2021 11:47 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI – Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty masih belum bisa memastikan berapa jumlah penerima vaksin di tahap kedua.  Menurut dia, hingga saat ini belum ada instruksi berkaitan dengan persiapan dalam upaya pelakasnaan vaksinasi tahap selanjutnya.

“Kami fokus untuk tahap pertama dengan sasaran tenaga kesehatan. Untuk tahap selanjutnya, kami masih menunggu instruksi dari Dinas Kesehatan DIY,” kata Dewi, Kamis (4/2/2021).

BACA JUGA : Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua di Kulonprogo Ditargetkan Mulai Maret

Ia mengungkapkan, untuk target vaksinasi secara total mencanangkan sebanyak 70% dari total jumlah penduduk di Gunungkidul diberikan vaksin. Hanya saja, proses tersebut juga tergantung dengan ketersediaan dan distribusi vaksin dari Pemerintah Pusat. “Pokoknya kami ikuti aturan. Kalau vaksinnya ada maka proses penyuntikan terus dilakukan,” katanya.

Dewi mengungkapkan, hingga saat ini sudah ada 80 petugas vaksinator. Menurut dia, dengan target 70% dari penduduk untuk divaksin maka kemungkinan besar akan ada tambahan petugas. “Pertambahan itu sangat mungkin, tapi semuanya masih menunggu instruksi lanjutan,” katanya.

BACA JUGA : Vaksinasi Covid-19 untuk Nakes di Kulonprogo Berlangsung Pekan Ini

Disinggung mengenai distribusi vaksin, Dewi mengakui bahwa pihaknya baru mendapatkan sekali pengiriman. Yakni sebanyal 5.544 dosis untuk proses vaksinasi tenaga kesehatan. “Untuk kiriman lain belum ada. Adapun vaksinasi tahap pertama, kami targetkan selesai di akhir bulan ini,” katanya.