Hari Ini, Nakes Lansia di Sleman Akan Disuntik Vaksin Covid-19

Ilustrasi. - Reuters
09 Februari 2021 05:57 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN-- Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman menyatakan jika upaya vaksinasi kepada tenaga kesehatan (nakes) yang masuk kategori lansia bakal dilakukan Selasa (9/2/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Joko Hastaryo mengatakan jika pihaknya siap untuk melakukan pelayanan vaksinasi Covid-19 kepada nakes lansia mulai Selasa (9/2/2021).

"Mulai besuk pagi sudah bisa kami layani, di puskesmas sesuai wilayah tempat praktik masing-masing," ujar Joko Hastaryo saat dikonfirmasi pada Senin (8/2/2021).

Baca juga: Soal Sanksi Pelanggar PPKM Tahap Ketiga di Jogja, Begini Kata Sultan

Lebih lanjut, berdasarkan catatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman terdapat sebanyak ratusan nakes yang masuk kategori lansia di Kabupaten Sleman.

"Nakes yang usia di atas 60 tahun (dan masih aktif) sepertinya tidak banyak, dan kami sudah ada datanya. Yakni kurang lebih ada 150 orang," imbuhnya.

Baca juga: Keluar Masuk Kampung Maksimal Pukul 20.00 untuk Zona Merah, Ini Aturan Lengkap PPKM Ketiga di DIY

Sedangkan, pihaknya sendiri belum mengantongi data nakes lansia yang melakukan praktik mandiri. "Yang belum ada itu data nakes lansia yang praktik mandiri," sambung Joko.

Upaya pemberian nakes lansia dilaksanakan menyusul terbitnya izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terhadap vaksin Sinovac untuk masyarakat usia di atas 60 tahun.