Advertisement

Hari Ini, Pengungsi Merapi Asal Turgo Pulang ke Rumah

Hafit Yudi Suprobo
Selasa, 09 Februari 2021 - 07:07 WIB
Nina Atmasari
Hari Ini, Pengungsi Merapi Asal Turgo Pulang ke Rumah Puluhan warga Turgo, Purwobinangun, Pakem, Sleman, memilih untuk tidur di SD Sanjaya Tritis pada Kamis (21/1 - 2021) malam./Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-- Pemerintah Desa Purwobinangun, Pakem, Sleman memutuskan untuk memulangkan ratusan pengungsi yang berada di barak pengungsian Purwobinangun pada Selasa (9/2/2021).

Kepala Pelaksana Harian Unitlak Desa Purwobinangun Nurhadi mengatakan jika keputusan tersebut diambil setelah pihaknya melakukan koordinasi oleh sejumlah pihak terkait dengan upaya penanganan pengungsi di barak pengungsian Purwobinangun, Pakem, Sleman pada Senin (8/2/2021)

Advertisement

Kesimpulannya, lanjut Nurhadi, berdasarkan rekomendasi dari BPPTKG jarak aman adalah di atas 5 km dari puncak Merapi, dan lontaran material bila Merapi erupsi adalah 3 km dari puncak. Rekomendasi wilayah Turgo Purwobinangun menjadi aman.

Baca juga: Soal Sanksi Pelanggar PPKM Tahap Ketiga di Jogja, Begini Kata Sultan

"Pengungsi di barak Purwobinangun diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing," ujar Nurhadi saat dikonfirmasi pada Senin (8/2/2021).

Pemulangan pengungsi direncanakan pada Selasa (9/2/2021) pukul 08.00 WIB. Pemulangan pengungsi dari barak Purwobinangun. Pengungsi akan dipulangkan secara bersama-sama mengunakan armada dari Basarnas, Satpol-PP Kabupaten Sleman, BPBD, TNI dan Polri, maupun armada pribadi milik pengungsi.

"Apabila pasca pemulangan pengungsi ada warga yang tidak nyaman berada di rumah bila malam hari, pemerintah desa atau dusun menyiapkan tempat di SD Sanjaya Tritis untuk bermalam," terangnya.

Baca juga: Belum Dipakai, Besi Gedung Baru Kantor Bupati Sleman Sudah Berkarat

Pulangnya pengungsi ke kediaman mereka yang berada di dusun Turgo, Purwobinangun, Pakem, Sleman, bukan berarti pelayanan di barak pengungsian Purwobinangun terhenti. Logistik dan peralatan di barak pengungsian siap untuk kembali menampung warga.

"Untuk logistik dan peralatan di Barak Puwobinangun untuk tetap stay sebagai antisipasi apabila situasi mengharuskan warga kembali mengungsi. Sedangkan, pemenuhan logistik pangan di SD Sanjaya Tritis akan didukung dari barak Purwobinangun," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jerman Bantah Netanyahu yang Menyebut Tak Ada Korban Sipil di Rafah

News
| Sabtu, 27 Juli 2024, 06:57 WIB

Advertisement

alt

Taman Balekambang Solo Resmi Dibuka Kamis 25 Juli 2024, Segini Tarif Masuk dan Jam Operasionalnya

Wisata
| Rabu, 24 Juli 2024, 15:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement