Advertisement

Libur Imlek, Ada Tambahan Petugas Pengamanan di Destinasi Wisata di Jogja

Catur Dwi Janati
Kamis, 11 Februari 2021 - 06:17 WIB
Nina Atmasari
Libur Imlek, Ada Tambahan Petugas Pengamanan di Destinasi Wisata di Jogja Wisatawan mengantre di Gate Zonasi Malioboro untuk cek suhu dan kode QR pada Minggu (27/12/2020). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Pengecekan kelengkapan surat antigen pelaku perjalanan luar DIY rencananya bakal digelar di tiga titik saat libur Imlek. Di Kota Jogja dalam rangka perayaan Imlek bakal ada tambahkan petugas pengamanan di sejumlah titik.

Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi menuturkan jika penambahan petugas pengamanan bakal ditambahkan selama perayaan Imlek. Penambahan petugas bakal dilakukan di sejumlah destinasi wisata. "Saya kira itu nanti secara otomatis akan kami tambah kekuatannya untnuk antisipasi yang pertama menghindari kerumunan," jelasnya.

Advertisement

Baca juga: Satgas Pastikan Vaksin Covid-19 untuk Lansia Telah Teruji Keamanannya

Dijelaskan Heroe penambahan petugas juga bertujuan untuk memastikan kedisiplinan prokes betul-betul bisa dijalankan dengan baik oleh masyarakat di destinasi wisata. "Nanti akan kami minta untuk penambahan di daerah destinasi wisata terutama untuk melakukan monitoring dan acak pemeriksaan antigen," tandasnya.

"Kalau yang jelas kalau provinsi ingin ada pencegatan acak untuk yang mereka [pelaku perjalanan luar DIY] membawa antigen. Saya kira itu bagian penting untuk menjadikan orang datang ke Jogja itu orang yang bener-benar sehat," imbuh Heroe.

Heroe berharap pada pelaksanaan PTKM tahap ketiga ini sebaran kasus dapat semakin turun. Oleh karena Heroe mendukung adanya pemeriksaan acak surat antigen agar orang yang berpergian antar kota dipastikan sehat.

Baca juga: Terpapar Covid-19, Ari Lasso Habiskan 4 Tabung Oksigen saat Dibawa ke RS

"Oleh karena itu kami juga mungkin secara acak akan melakukan [pemeriksaan surat antigen]. Secara acak saja untuk melakukan pemeriksaan. Karena batas-batas kota kita sangat banyak pintunya. Di beberapa tempat mungkin, di beberapa destinasi wisata akan ada yang kita lakukan acak juga untuk melihat dan memastikan bahwa orang-orang yang datang adalah orang-orang yang sehat," tegasnya.

Di sisi lain Heroe Juga mengingatkan agar ASN untuk tidak bepergian selama PTKM. Meskipun tidak ada sanksi, Heroe mengingatkan ASN untuk tidak berpergian karena esensi dari PTKM itu harapannya mengurangi potensi mobilitas warga agar tidak kemana-mana dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement