Jogja Sudah Siapkan Pembelajaran Tatap Muka

Ilustrasi - Antara
25 Februari 2021 15:37 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Jogja mulai menyiapkan pembelajaran tatap muka. Kepala Dinas Pendidikan Kota Jogja Budi Asrori menyatakan sarana dan prasarana pendukung pembejalaran tatap muka di masa pandemi Covid-19 ini sudah siap. Dinas tinggal menunggu rekomendasi untuk menggelar pembejalaran tatap muka dari Satgas Penanganan Covid-19 Jogja.

“Sebenarnya dari sarana dan prasarana sudah kami lengkapi seperti wastafel, alat ukur suhu [di tiap sekolah]. Kami sudah mengatur tempat duduk agar memenuhi pysical distancing,” kata Budi, saat dihubungi Kamis (25/2/2021).

BACA JUGA: Miliarder Purwomartani Diimbau Gunakan Uang Ganti Rugi Tol Sewajarnya

Namun Budi mengakui pembelajaran tatap muka belum bisa diterapkan penularan Covid-19 masih terjadi di Jogja. Dinas Pendidikan Jogja masih menunggu terkait teknis pembelajaran tatap muka yang rencananya digulirkan pada Juli mendatang.

Budi mengatakan guru dan tenaga kependidikan juga sudah mulai didata untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Dia sudah mengirimkan data 8.000 guru dan tenaga kependidikan untuk divaksin.

Data tersebut terdiri dari guru TK, SD, dan SMP negeri dan swasta, “Data sudah kami serahkan ke dinas kesehatan,” kata Budi.

Kepala Dinas Kesehatan Jogja Emma Rahmi Aryani mengatakan guru masuk dalam program vaksinasi Covid-19 tahap kedua pada awal Maret mendatang karena masuk dalam kategori pelayan publik bersama aparatur sipil negara (ASN), TNI-Polri, pedagang, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Proses pendataan masih terus dilakukan, “Ada sekitar 5.282 [guru] yang sudah mendaftar,” kata Emma.