10 KK Asal Gunungkidul Akan Diberangkatkan Transmigrasi

Ilustrasi rumah di lokasi transmigrasi - dok
26 Februari 2021 07:57 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Gunungkidul memastikan akan memberangkatkan sepuluh kepala keluarga untuk mengikuti program transmigrasi di tahun ini. meski demikian, lokasi pemberangkatan masih menunggu informasi dari Pemerintah Pusat.

Kepala Bidang Transmigrasi, Disnakertrans Gunungkidul Wahid Supriyadi mengatakan, tahun ini tetap ada program transmigrasi. Berdasarkan informasi dari Pemerintah DIY, Gunungkidul mendapatkan jatah sebanyak 10 KK yang akan diberangkatkan ke lokasi transmigran.

BACA JUGA : Pemberangkatan 20 Transmigran Asal Bantul Belum Jelas

“Jadi berangkat untuk tahun ini,” kata Wahid kepada wartawan, Kamis (25/2/2021).

Meski sudah ada kuota resmi untuk pemberangkatan, namun ia belum bisa menyebutkan tempat lokasi para transmigran. Wahid mengungkapkan, adapun lokasi masih menunggu pengumuman lebih lanjut dari Pemerintah Pusat.

“Kalau lokasinya tujuan belum ada, tapi untuk kuota sudah ada kepastian,” katanya.

Menurut dia, minat warga Gunungkidul untuk ikut transmigrasi terhitung tinggi. Pasalnya, jumlah peminat lebih banyak dengan kuota yang tersedia setiap tahunnya.

BACA JUGA : Calon Transmigran Kulonprogo Masih Menunggu Jadwal 

“Contohnya tahun lalu ada 48 keluarga yang mendaftar, tapi kuotanya hanya 15 KK. Walaupun pada akhirnya tidak jadi berangkat karena corona,” katanya.