Advertisement

UT Bangun Galery Kuliah Online dan Siap Jadi PTNBH

Media Digital
Selasa, 02 Maret 2021 - 19:27 WIB
Bhekti Suryani
UT Bangun Galery Kuliah Online dan Siap Jadi PTNBH Kampus Universitas Terbuka (UT)/Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Universitas Terbuka (UT) membangun UT Cyber yang merupakan wadah bagi seluruh perguruan untuk menawarkan prodi kuliah online.

Rektor UT, Ojat Darojat mengatakan UT Cyber juga dikenal dengan Indonesia Cyber Education (ICE) Institute. “Kami diberi amanah besar oleh Kemendikbud untuk mendirikan UT Cyber. UT Cyber ini adalah nama lain dari ICE Institute yang merupakan marketing gallery, wadah di mana seluruh PT akan menawarkan prodi kuliah online mereka,” ujarnya dalam Media Gathering UT 2021, Selasa (2/3/2021) yang diselenggarakan secara virtual melalui Zoom Cloud Meetings.

Advertisement

Ojat menambahkan, UT Cyber merupakan unit kerja di bawah naungan UT yang bekerja mengoptimalkan pendidikan masyarakat, serta mengoptimalkan perguruan tinggi yang ingin menawarkan prodi online mereka.

“Dari sisi pembelajaran, kuliah di UT Cyber dilakukan fully online [online penuh]. Salah satu perbedaan dengan kuliah di UT yang sekarang, pembelajaran online hanya salah satu moda saja, sedangkan di UT Cyber nanti semuanya online,” imbuhnya.

Menuju PTNBH

Dalam kesempatan itu, Ojat juga menyampaikan perkembangan kampusnya. Di antaranya status lembaga yang sedang ditingkatkan menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).
Menurutnya, selain karena dorongan pemerintah, dengan PTNBH ini UT dapat meningkatkan pelayanan pendidikan masyarakat secara lebih leluasa.

“Kami sudah memasukkan empat dokumen penting untuk mengusulkan UT sebagai PTNBH ke Kementerian [Kemendikbud] pada Desember 2020 dan 17 Maret nanti UT diminta mempresentasikan keempat dokumen itu di Kementerian,” ujarnya.

Ia menjelaskan, beberapa hal penting dalam status PTNBH adalah keleluasaan dalam membuka dan menutup prodi. Sehingga UT akan semakin mudah menyesuaikan diri menyelenggarakan pendidikan yang diminati masyarakat.

Kemudahan lainnya pada PTNBH adalah keleluasaan pengelolaan keuangan. Kampus dapat menentukan pendanaan untuk peningkatan kualitas pendidikannya, serta bisa lebih cepat mengambil keputusan yang menyangkut pendanaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement