Sejak Ada Vaksin, Wisata di Sleman Mulai Bergeliat

Suasana di depan Taman Kaliurang, Sleman, Kamis (26/11/2020). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak
12 Maret 2021 20:57 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Kunjungan wisatawan ke destinasi wisata di wilayah Sleman mulai mengalami peningkatan. Meski tidak terlalu signifikan, peningkatan kunjungan wisatawan salah satunya dipengaruhi program vaksinasi Covid-19.

Sekretaris Asosiasi Jeep Wisata Lereng Merapi (AJWLM) Heribertus Indiantara mengatakan meski tidak ada cuti bersama pada Jumat (12/3/2021) ini, namun kunjungan wisatawan untuk kawasan Kaliurang sedikit mengalami peningkatan. Peningkatan diperkirakan sekitar 20% dibandingkan sebelumnya

"Ya ada [peningkatan] tapi nggak banyak, kan nggak ada long week end. Cuti bersama dihapus jadi Jum'at kan nggak libur," kata owner penginapan Omah Jawi Kaliurang ini, Jumat (12/3/2021).

BACA JUGA: Ini Komentar Jokowi soal Vaksin Nusantara Besutan Terawan

Heri menduga, peningkatan kunjungan wisatawan ke Kaliurang salah satunya dipicu oleh program vaksinasi Covid-19 yang dilakukan pemerintah. Alasannya, sertifikat vaksin bisa menjadi lembar legalitas bagi warga untuk bepergian ke luar kota. "Ya vaksinasi covid sangat berpengaruh dengan kunjungan wisatawan, apalagi yang sudah dapat sertifikat vaksin. Bisa jadi lembar legalitas untuk bepergian," katanya.

Dia berharap, program vaksinasi di seluruh daerah juga berjalan baik. Dengan demikian, lanjutnya, program vaksinasi akan mempercepat capaian herd immunity. "Semoga vaksin cepat merata, maklumat kapolri tentang Covid dihapus, Merapi mengakhiri erupsinya dan wisata di Sleman bisa bangkit kembali," harap Heri.