Advertisement

Budi Daya Ikan di Sleman Berdayakan ODDP

Lugas Subarkah
Kamis, 25 Maret 2021 - 19:57 WIB
Bhekti Suryani
Budi Daya Ikan di Sleman Berdayakan ODDP Salah satu anggota Kelompok Swabantu ODDP menabur benih ikan nila, Kamis (25/3/2021) di Godean, Sleman-Harian Jogja - Lugas Subarkah.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Guna mengikis stigma masyarakat sekaligus mendukung produktivitas orang dengan disabilitas psikososial (ODDP), Kelompok Swabantu ODDP Kalurahan Sidoagung, Kapanewon Godean, Sleman meggalakkan kegiatan budi daya ikan.

Bersama Pusat Rehabilitasi YAKKUM (PRY) dan pemerintah Kalurahan Sidoagung, kegiatan budidaya ikan diawali dengan pembekalan materi budi daya ikan dan tabur benih ikan pada Kamis (25/3/2021) di salah satu kolam di Kalurahan Sidoagung.

Advertisement

Community Organizer Kesehatan Jiwa Masyarakat Pusat Rehabilitasi YAKKUM (PRY), Sigit Triyono, menuturkan pendampingan Kelompok Swabantu ODDP merupakan kegiatan rutin setiap bulan, yang telah berjalan empat tahun.

"Dari kegiatan budi daya ikan nila ini, ODDP bisa punya kegiatan rutin berkelompok. Dapat menjadi kegiatan produktif khususnya di Kelompok Swabantu ODDP di Kalurahan Sidoagung," ujarnya.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari Pemerintah Kalurahan Sidoagung berupa kolam ikan. Selain itu dukungan juga datang dari sejumlah lembaga donor yakni CBM Jogja dan HEF New Zealand.

Ia berharap kegiatan budi daya tidak hanya berhenti sampai panen dan dikonsumsi, namun juga dapat dilanjutkan dengan pembuatan makanan olahan dengan bahan dasar ikan nila.

Kamituwo Kalurahan Sidoagung, Riyani Rifantona, mengatakan di Sidoagung terdapat sekitar 60 ODDP. YAKKUM (PRY) mulai mendampingi ODDP di Kalurahan Sidoagung pada 2016 silam. "Kami mulai menganggarkan untuk mendata, pelatihan, bantuan sosial untuk ODDP," katanya.

Di Kalurahan Sidoagung jiga telah terbentuk kader kesehatan dari Puskesmas untuk mendampingi ODDP, mulai dari penyediaan obat, perujukan ke Ghrasia dan lainnya.

Ketua Kelompok Seabantu OPPD Kalurahan Sidoagung, Sri Hascaryo, mengatakan kegiatan semacam ini dapat membuktikan jika ODDP tidak hanya menjadi beban seperti stigma masyarakat selama ini.

"Alhamdulillah kami sudah bisa membentuk kelompok usaha bersama perikanan yang kami geluti. Teman-teman ODDP juga pro aktif dalam mengikuti kegiatan. Saya mohon restu masyarakat, kami bisa buktikan ODDP bisa berperan aktif di masyarakat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement