Datang ke Jogja, Ini yang Dibicarakan Duta Besar Ceko dengan Sri Sultan HB X

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Ceko untuk Republik Indonesia Jaroslav Dolecek ke Kepatihan Jogja, Jumat (26/3/2021)-Antara - Humas Pemda DIY
26 Maret 2021 21:17 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Ceko untuk Republik Indonesia Jaroslav Dolecek mengunjungi Gubernur DIY Sri Sultan HB X di kantor gubernur atau Kepatihan pada Jumat (26/3/2021).

Di Kepatihan, Dubes Ceko bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan membahas sejumlah potensi kerja sama ke depannya.

Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal (DPPM) DIY, Agus Priyono yang mendampingi pertemuan itu menjelaskan, pembahasan tersebut salah satunya menjajaki pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK).

Ada potensi kerja sama investasi di Jogja. Ceko memiliki kesempatan yang besar untuk menanamkan modalnya untuk kegiatan ekonomi di Jogja, apalagi saat ini DIY sedang mengembangkan kawasan aerometropolis.

BACA JUGA: Rp9,9 Miliar Danais Digelontorkan untuk Pedestrian Jalan KH Ahmad Dahlan

“Ke depan akan mencari provinsi di Ceko yang kira kira itu mirip dengan DIY. Yang punya kelebihan kira kira kedua pihak bisa saling bekerja sama. Jadi kerjasamanya benar benar bermanfaat bagi kedua belah pihak,” katanya.

Hal menarik lainnya, Dubes Ceko merasa heran dengan kepatuhan warga Indonesia tak terkecuali DIY yang selalu menggunakan masker untuk mencegah penyebaran Covid-19. Hal ini sangat berbeda dengan kondisi di Ceko.

“Heran, ini kenapa orang indonesia mengenakan masker semua? Ini beda dengan kondisinya di ceko. Jadi dijelaskan bagaimana untuk mengatasi pandemi. Itu susahnya di ceko bagaimana meningkatkan kesadaran masyarakat,” katanya.