Tak Dipangkas Total, LPJU Kembali Diadakan

Ilustrasi Perawatan Lampu Penerangan Jalan Umum - JIBI/Harian Jogja
05 April 2021 06:57 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Pengadaan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) tampaknya akan kembali bergulir di 2021. Hal ini menyusul anggaran pengadaan LPJU yang tidak di-refocusing sepenuhnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Aris Suharyanta menyampaikan refocusing anggaran pengadaan LPJU mencapai Rp3 miliar. Sebelumnya anggaran untuk LPJU sendiri mencapai Rp13 miliar.

"Ternyata tidak semua di-refocusing sehingga kita nanti melaksanakan perkerjaan pengadaan LPJU. Yang di-refocusing Rp 3 miliar dari Rp13 miliar," sebutnya pada Minggu (4/4/2021).

BACA JUGA : Anggaran PJU dicoret, Jalanan Desa di Bantul Diperkirakan

Keputusan ini membuat Aris akan kembali menjalankan program LPJU. Namun dampak dari refocusing yakni jumlah LPJU yang bakal dipangkas. "Artinya besok masih bisa mengadakan LPJY. Cuma kita kurangi volumenya," tandasnya.

"Nanti kita cek, yang kita kurangi bukan titik-titik rawan kejahatan. Yang kita prioritaskan tempat wisata dan jalan Kabupaten. Ini baru dihitung jumlah titiknya. Banyak sekali yang membutuhkan LPJU," imbuhnya.

Skema paling taktis yakni memgurangi titik non-rawan. Daerah-daerah aman akan ditunda dulu sementara waktu untuk pengadaan LPJU.

BACA JUGA : Ini yang Bikin Perbaikan LPJU di Bantul Tak Maksimal

"Jadi nanti kita justru melihatnya nanti yang kita kurangi yang daerah-daerah aman. Daerah yang mungkin tidak daerah rawan kita hilangi. Untuk memcapai pengurangan Rp3 miliar tadi. Awalnya sekitar 600 titik LPJU. Mungkin nanti sekitar 20-25 persen yang dikurangi," tandasnya.