Advertisement

Biayai Pendidikan Anak-Anak, Sleman Butuh Dukungan Swasta

Abdul Hamied Razak
Minggu, 11 April 2021 - 19:07 WIB
Budi Cahyana
Biayai Pendidikan Anak-Anak, Sleman Butuh Dukungan Swasta Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat menyalurkan bantuan beasiswa bagi anak-anak yatim CSR Umbul Peduli Covid-19 di Kantor Kalurahan Umbulharjo, Cangkringan, Jumat (9/4/2021). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebanyak 21 anak yatim piatu di Kalurahan Umbulharjo, Kapanewon Cangkringan, mendapatkan bantuan beasiswa pendidikan. Untuk membantu biaya pendidikan masyarakat, Pemkab berharap keterlibatan pihak swasta untuk menyelamatkan masa depan anak-anak.

Lurah Umbulharjo, Suyatmi mengatakan sebanyak 21 anak yatim dan yatim piatu yang mendapatkan beasiswa pendidikan berasal dari sembilan padukuhan berbeda. Para penerima beasiswa didasarkan dengan musyawarah warga di tingkat padukuhan. "Hasil musyawarah dihasilkan 21 anak yang memenuhi syarat. Mereka mendapatkan beasiswa corporate social responsibility (CSR) dari PT Umbul Mukti Mitratama," kata Suyatmi saat penyerahan beasiswa, Jumat (9/4/2021).

Advertisement

BACA JUGA: Jokowi Ingatkan Soal Cincin Api, Gempa Bumi Bisa Terjadi Kapan Saja

Kepedulian pihak ketiga terhadap pendidikan anak-anak, menurut Suyatmi, sangat membantu warga dan memberikan semangat bagi anak-anak untuk terus belajar. Apalagi, mayoritas anak-anak yatim yang menerim beasiswa berasal dari keluarga tidak mampu. "Jadi kami senang dan terbantu dengan beasiswa ini. Memang kami ada pos anggaran tapi belum bisa dimaksimalkan," katanya.

Direktur Utama PT Umbul Mukti Mitratama, Hernawan Fauzy mengatakan melalui program CSR Umbul Peduli Covid-19, selain menyalurkan beasiswa pendidikan juga diberikan bantuan penanganan Covid-19 di Kalurahan Umbulharjo dengan nilai total Rp151,2 juta.

"Bantuan ini kami salurkan terutama untuk membantu anak-anak yatim piatu supaya mereka tetap bisa sekolah hingga ke jenjang yang lebih tinggi. Kami yakin, dengan membangunan sumber daya manusia melalui dunia pendidikan, maka Indonesia akan menjadi negara yang unggul," katanya.

BACA JUGA: Jual Tembakau Sintetis di Bantul, Warga Klaten Diringkus

Pria yang akrab dipanggil Jawir ini mengatakan selama pandemi Covid-19 banyak sektor usaha yang jatuh. Sebagai salah satu unit usaha yang bergerak dalam bidang usaha jasa pertambangan, kontraktor dan pariwisata, perusahaannya terus berinovasi tanpa mengesampingkan nilai-nilai kemanusiaan dan lingkungan.

"Ini merupakan pondasi utama perusahaan kami. Nah, bantuan Beasiswa ini saya nilai lebih tepat diberikan saat ini. Mengingat banyak keluarga terdampak secara ekonomi akibat pembatasan aktivitas karena wabah Covid-19. Saya berharap bantuan CSR Umbul Peduli Covid 19, dimanfaatkan dengan sungguh-sungguh," katanya.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengatakan bantuan CSR Umbul Peduli Covid 19 diharapkan dapat memotivasi seluruh penerima beasiswa agar lebih bersemangat dalam belajar dan meningkatkan taraf kehidupan yang lebih baik di masa depan. "Peran serta masyarakat dan perusahaan sangat dibutuhkan untuk membantu pemerintah," kata Kustini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement