Ratusan Siswa di Bantul Dijadwalkan Ikut ASPD Susulan

Siswa mengikuti Asesmen Nasional (AN) di SMP 5 Jogja, Gondokusuman, Kota Jogja, Senin (5/4/2021). - ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah
13 April 2021 11:47 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Sebanyak 105 siswa tingkat SMP/MTS baik negeri maupun swasta di Bantul dijadwalkan menjalani Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) susulan, Kamis (15/4) dan Jumat (16/4) mendatang.

Mereka terpaksa menjalani ujian susulan karena saat pelaksaan pekan lalu ada kendala. Kepala Seksi Kurikulum Bidang SMP Disdikpora Bantul Retno Yuli Astuti, mengatakan 105 siswa tersebut akan menjalani ujian susulan di 38 sekolah berbeda. Selain itu, mata ujian yang dijalani mereka juga tidak sama.

BACA JUGA : ASPD di Jogja Berlangsung Tatap Muka dengan Prokes Ketat

"Tergantung mereka pas tidak bisa ikut ujian untuk mata pelajaran apa?," katanya, Selasa (13/4).

Menurut Retno, dari 105 siswa yang mengikuti ujian susulan itu ada 91 siswa peserta formal, 5 peserta dari paket kejar dan ada sembilan siswa yang harus mengikuti ujian karena saat pelaksanaan ujian sedang isolasi.

Lebih lanjut Retno mengatakan, meski pada hari pertama pelaksanaan ASPD, Senin (5/4) lalu berjalan lancar, hal itu tidak sepenuhnya terjadi di hari berikutnya.

Disdikpora Bantul mencatat ada beberapa kendala usai hari pertama pelaksanaan ujian. Mulai dari persoalan listrik padam hingga server tidak dapat berfungsi dengan baik.

"Untuk itu ada ujian susulan," ucap Retno.

Retno mengungkapkan teknis pelaksanaan ujian susulan akan tetap seperti saat ujian ASPD. Di mana, ujian harus mengedepankan protokol kesehatan.

BACA JUGA : Heboh Kabar Guru Bocorkan Soal ASPD SMP di Sleman

Pelaksanaan ujian dibagi dalam dua hari dan dilakukan penerapan jaga jarak di ruang ujian.  Untuk materi soal yang diujikan, Retno mengatakan tergantung mata ujian yang belum dijalani oleh peserta. Dan pengerjaan sial dikerjakan menggunakan komputer.

Retno juga menyebut, peserta ASPD wajib menggunakan masker, dicek suhu tubuh dan mencuci tangan sebelum masuk ruangan.

"Selain itu, ada sterilisasi ruangan sebelum dipergunakan," ucap Retno.

Sebelumnya, Kepala Disdikpora Bantul Isdarmoko mengatakan ada sebanyak 13.157 siswa terdaftar mengikuti ASPD, Senin (5/4) hingga Kamis (8/4) lalu.

Mereka terdiri dari 12.852 siswa kelas sembilan baik SMP, MTS Negeri maupun swasta dan 305 siswa paket B. Untuk peserta paket B akan digelar di hari yang sama, dengan menumpang di SMP Formal terdekat.

Sejumlah persiapan, papar Isdarmoko juga telah digelar sebelum pelaksanaan ASPD. Di antaranya menggelar try out ASPD secara daring sejak 15 Februari lalu baik kepada MKKS, maupun Disdikpora.

Begitu juga dengan pelaksanaan ASPD, Isdarmoko menilai sudah berjalan dengan baik. "Di hari pertama semua berjalan lancar," katanya.