Advertisement

Heboh Kabar Guru Bocorkan Soal ASPD SMP di Sleman, Begini Klarifikasi Pemkab

Lugas Subarkah
Kamis, 08 April 2021 - 22:07 WIB
Bhekti Suryani
Heboh Kabar Guru Bocorkan Soal ASPD SMP di Sleman, Begini Klarifikasi Pemkab Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Ery Widaryana saat ditemui wartawan di kompleks Kantor Bupati Sleman, Kamis (8/4/2021)-Harian Jogja - Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Media sosial Twitter belakangan ini dihebohkan isu bocornya soal Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD) di salah satu SMP di Sleman, pada Rabu (7/4/2021). Merespons hal ini, Dinas Pendidikan Sleman akan membentuk Tim Pencari Fakta untuk mengetahui persoalan dengan lebih jelas.

Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Ery Widaryana, mengatakan terkait kasus ini pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY untuk menindaklanjutinya. “Kami tidak bisa memastikan bocor atau tidak karena tidak tahu soal yang diujikan seperti apa,” ujarnya, kamis (8/4/2021).

Advertisement

Ia menjelaskan soal ASPD dibuat oleh tim penyusun di tingkat provinsi. Isi materinya hanya diketahui oleh Disdikpora DIY. Sedangkan Dinas Pendidikan Sleman tidak mengetahui materi soal ASPD sehingga sampai saat ini belum bisa membenarkan terjadinya kebocoran.

Adapun oknum guru yang di Twitter yang diduga membocorkan soal ASPD kata Ery, tidak termasuk dalam tim penyusun soal. Untuk itu, pihaknya bersama Disdikpora DIY akan membentuk Tim Pencari Fakta untuk mengetahui bagaimana kronologi dan jika memang bocor, siapa pelaku yang membocorkan.

BACA JUGA: Makin Murah! Biaya Tes Antigen untuk Covid-19 di Stasiun Turun Jadi Rp85.000

Selanjutnya untuk memberi rasa keadilan bagi semua siswa, pihaknya akan mengusulkan kepada Disdikpora DIY agar ASPD pelajaran Matematika di SMP yang diduga terjadi kebocoran soal tersebut dilaksanakan ulang dengan soal yang berbeda.

Ia menambahkan jika hasil ASPD tidak menentukan kelulusan peserta didik. ASPD sebatas sebagai evaluasi standar penguasaan kompetensi siswa selama melakukan pembelajaran jarak jauh serta menjadi salah satu bahan perhitungan siswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“ASPD tidak menentukan kelulusan siswa, karena kelulusan ditentukan oleh Ujian Sekolah yang diselenggarakan oleh masing-masing sekolah. Agar ASPD mendapatkan hasil yang valid maka sisewa dihadirkan ke sekolah,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

RUU Daerah Khusus Jakarta Sah Dibawa ke Sidang Paripurna

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement