Angkringan Masuk Rutan, Sediakan Makanan Tambahan Selama Ramadan

Pojok Angkring Extrafooding yang disediakan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan selama bulan ramadan. - Ist.
14 April 2021 12:17 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Agenda unik dilakukan di Rutan Kelas II B Bantul pada hari pertama ramadan. Satu gerobak angkringan disediakan dalam Rutan untuk memenuhi makanan tambahan bagi para penghuni Rutan.

Peluncuran Pojok Angkring Extrafooding dilakukan pada Selasa (13/4/2021) bertepatan pada hari pertama ramadan. Kepala Rutan Kelas IIB Bantul, Enjat Lukmanul Hakim yang secara langsung meluncurkan Pojok Angkring Extrafooding bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) akan hadir sebulan atau selama bulan ramadan 1442H.

BACA JUGA : Sultan Peringatkan Ormas di Jogja Tak Sweeping Warung 

"Rutan Kelas II B Bantul, tiada henti melakukan gebrakan dalam membangun jalinan komunikasi dengan WBP. Bertepatan dengan saat menjelang berbuka puasa pada hari pertama di tahun 2021 ini kami luncurkan Pojok Angkring Extrafooding," tuturnya pada Selasa (13/4/2021).

Pengadaan extrafooding tidak asal-asalan. Enjat menjelaskan bahwa penyediaan extrafooding tersebut merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan No.PAS.379.PK.01.06.07 Tahun 2021 tentang Pemberian Makanan Tambahan (Extrafooding) bagi Tahanan, Anak dan Narapidana di Bulan Ramadan.

Enjat menuturkan bahwa pemberian extrafooding bukan sebuah agenda seremonial saja. "Disamping pemenuhan kebutuhan gizi WBP sebesar 200 Kalori, akan tetapi melalui Pojok Angkring Extrafooding komunikasi petugas dengan WBP tetap terjalin dengan baik dan harmonis," tuturnya.

BACA JUGA : Solusi Buka Puasa Anti Galau dengan Beberapa Pilihan 

Ditambahkan Enjat, pemenuhan hak-hak WBP perlu bersifat transparan dan dapat diketahui oleh dunia luar. Sehingga keluarga tidak perlu risau akan kondisi WBP selama dalam rutan, meski ada keterbatasan tidak boleh membesuk selama pandemi.

Enjat mengingatkan agar para WBP selama bulan ramadan dapat melaksanakan berbagai aktivitas ibadah dengan sebaik-baiknya. "Karena dengan momentum ramadan ini, Allah membukakan pintu ampunan yang seluas-luasnya dan maghfirah bagi hamba-Nya," ungkapnya.