SD & SMP di Sleman Pasti Dibuka Juli Tanpa Uji Coba

Ilustrasi - Antara/Aloysius Jarot Nugroho
19 April 2021 19:17 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Pemkab Sleman akan memulai pembelajaran tatap muka (PTM) untuk SD dan SMP mulai tahun ajaran baru 2021/2022 pada Juli mendatang. PTM akan dibuka secara serentak dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Tidak ada uji coba, semuanya, serentak baik SD maupun SMP. Tapi dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan, 50:50 [setengah dari kapasitas ruangan]," kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, Senin (19/4/2021).

BACA JUGA: Pemudik Diprediksi Masuk Jogja Sebelum Libur Tiba, Ini Imbauan Sultan

Sleman, kata Kustini, sudah menyiapkan rencana PTM sejak lama. Bahkan guru-guru dan tenaga pendidik sudah mendapatkan vaksin Covid-19. "Jadi seperti itu. PTM dibuka sesuai protokol kesehatan. Itu diterapkan sesuai adaptasi kehidupan baru kita," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman Ery Widaryana mengatakan jika orang tua siswa tidak memberikan izin, sekolah wajib memfasilitasi pembelajaran secara daring. "Kebijakan sekolah tatap muka akan diputuskan dengan SE Bupati yang ditindaklanjuti dengan SK Kepala Disdik Sleman terkait petunjuk teknisnya," katanya.

Adapun Kepala Dinas Kesehatan Sleman Joko Hastaryo menjelaskan secara umum, guru-guru sudah divaksin sehingga kesiapan PTM sudah siap. Namun, penerapan protokol kesehatan di sekolah harus benar-benar diperhatikan.