Advertisement

Vaksinasi Lansia DIY Bisa Lewat Traveloka, Begini Caranya

Ujang Hasanudin
Kamis, 22 April 2021 - 17:37 WIB
Budi Cahyana
Vaksinasi Lansia DIY Bisa Lewat Traveloka, Begini Caranya Sejumlah lansia mengikuti screening kesehatan sebelum mendapat vaksin di GSP UGM, Minggu (21/3/2021). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY berbagai upaya untuk mempercepat vaksinasi Covid-19 khusus untuk warga yang lanjut usia (lansia). Vaksinasi massal digelar selama sepekan dengan taget 100 orang per hari.

Vaksinasi masal lansia di kantor Dinas Kesehatan DIY sudah dilakukan sejak Senin lalu hingga Jumat. Rencananya vaksinasi serupa di tempat yang sama akan dilakukan. “Rencanannya selama Ramdan,” kata Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie, di kantor Dinas Kesehatan DIY, Kamis (22/4/2021).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

BACA JUGA: Mulai Hari ini, Mudik Resmi Dilarang!

Dinkes juga melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk vaksinasi massal. “Pekan depan pada  26-30 Mei kami menggelar vaksinasi massal untuk lansia bersama Traveloka di Jogja Expo Center,” kata Pembajun.

Pembajun mengatakan jumlah sasaran lansia di DIY yang perlu divaksin berdasarkan data Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Kementerian Dalam Negeri sebanyak 295.349 jiwa. Namun berdasarkan data yang teregister, jumlahnya mencapai 595.000 lansia.  Sementara, vaksinasi lansia sampai 21 April 2021 untuk dosis pertama sebanyak 69.572 lansia atau 23,56% dan untuk dosis kedua 23.575 lansia atau 7,98%.

Menurut dia, persentase capaian vaksinasi lansia tersebut mengacu pada data Kemendagri.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 DIY, Berty Murtiningsih menambahkan kendala yang mungkin terjadi selama ini adalah pendataan, kurangnya informasi, adanya ketakutan dari lansia untuk pergi ke lokasi vaksinasi.

BACA JUGA: Ini Aturan Lengkap Perjalanan Selama Masa Larangan Mudik

Advertisement

Sementara stok vaksin cukup aman. Pemerintah Pusat selalu mengirimkan vaksin 10-14 hari sekali ketika vaksin di gudang habis.

Lansia yang berdomisili di DIY bisa mendaftar vaksinasi Covid-19 gratis pada 26-30 Mei mendatang di Jogja Expo Center (JEC) mulai pukul 07.30-12.00 WIB. Caranya membuka aplikasi Traveloka, kemudian masuk ke link s.id/vaksinasidiy, pilih tanggal vaksinasi dan pemesanan sesuai instruksi, cek email yang tertera di aplikasi Traveloka untuk pemesanannya yang harus ditunjukan saat vaksinasi. Satu voucer hanya berlaku untuk satu orang, datang ke lokasi pusat vaksinasi pada waktu dan tanggal pilihan yang tertera di voucer.

 

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Senin, 5 Desember 2022

News
| Senin, 05 Desember 2022, 08:27 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement