Advertisement

Bermula dari Takmir Masjid, Klaster Covid-19 di Jongke Kidul Sleman Berakibat Kematian Seorang Lansia

Lugas Subarkah
Kamis, 22 April 2021 - 18:57 WIB
Bhekti Suryani
Bermula dari Takmir Masjid, Klaster Covid-19 di Jongke Kidul Sleman Berakibat Kematian Seorang Lansia Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Puluhan orang di Padukuhan Jongke Kidul, Sendangadi, Mlati Sleman terinfeksi Covid-19. Pemkab membeberkan awal mula penularan yang terjadi di wilayah tersebut.

Padukuhan Jongke Kidul menjadi klaster penularan Covid-19 baru setelah ditemukan 35 warga positif dengna dua orang meninggal. Puskesmas Mlati bersama Satgas Covid-19 Kalurahan Sendangadi pun menggelar skrining masal untuk 300 warga selama dua hari.

Advertisement

Satgas Covid-19 Kalurahan Sendangadi, Parjiono, menjelaskan dari 35 kasus positif yang ditemukan di Jongke kidul, saat ini sebagian besar telah sembuh dan selesai menjalani isolasi mandiri. “Ada juga yang dibawa ke rumah sakit, tapi sudah pulang,” ujarnya, Kamis (22/4/2021).

Sementara dua kasus meninggal kata dia, merupakan lansia dan memiliki komorbid. Klaster di Jongke Kidul bermula dari ditemukannya satu kasus di salah satu keluarga pada 8 April lalu, yang kemudian secara bersamaan ditemukan pula sejumlah kasus lainnya oleh warga yang melakukan swab mandiri.

BACA JUGA: Penularan Covid-19 di Ponpes Kulonprogo Bertambah, Sudah 63 Orang Terinfeksi

Kepala Dinas Kesehatan Sleman, Joko Hastaryo, mengungkapkan kemunculan klaster ini berawal dari adanya satu takmir masjid di Jognke Kidul yang dirawat di JIH dan dinyatakan positif. Pada waktu yang sama beberapa warga mengalami gejala demam dan setelah diswab ternyata positif.

“Kemungkinan penularan awal terjadi di masjid tersebut. Kemudian ada jemaah lansia 80 tahun yang positif dan meninggal dunia sudah dirukti dengan protokol covid-19, tetapi warga sekitar tetap melakukan takziah. Dari tracing awal ditemukan 31 kasus positif,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

9 Daerah di Jateng Berstatus Tanggap Darurat Bencana, Pj Gubernur: Tingkatkan Kesiapsiagaan

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement