Tinjau Vaksinasi Massal di JEC, Ini Kata Sandiaga Uno

Menparekraf identifikasi dampak teror bom terhadap sektor pariwisata. - Ist/Birkom Kemenparekraf
26 April 2021 22:27 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparkraf) RI, Sandiaga Uno mengatakan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan massal sebagai langkah strategis untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional. Hal itu disampaikan Sandiaga saat meninjau langsung vaksinasi massal untuk lansia, guru, dan pelaku wisata yang digelar Traveloka di Jogja Expo Center (JEC), Senin (26/4/2021).

Vaksinasi massal ini digelar selama lima hari, 26-30 April mendatang dengan target 1.500 orang tervaksin dalam sehari sehingga total target 7.500 selama lima hari waktu vaksinasi Covid-19. “Hari ini bersama traveloka bentuk akseslerasi agar pemenuhan target sasaran guru dan lansia. Ini langkah strategis percepat pemulihan ekonomi nasional,” kata Sandiaga, Senin.

Pemerintah juga sudah mengambil kebijakan larangan mudik sebagai bagian langkah tegas antisipasi kemungkinan terpapar Covid-19 dalam PPKM skala mikro. Namun dalam PPKM ada kebijakan yang dibolehkan dan diserahkan ke pemda DIY (membuka destinasi wisata).

“Kami beri panduan jika destiansi wisata dibuka harus prokes. Destinasi wisata harus memenuhi protokol kesehatan,” kata Sandiaga. “Dibuka atau tidaknya [destinasi wisata] wewenang Pemda sesuai angka Covid di wilayah masing-masing,” tegas Sandiaga.

BACA JUGA: Berkomentar Buruk tentang Tenggelamnya KRI Nanggala-402, Polisi Kalasan Terancam Pidana

Pada sisi lain Sandiaga juga mengapresiasi kunjungan wisatawan ke DIY selama 2020 meski dalam kondisi pandemi cukup tinggi, yakni mencapai 2,9 juta orang yang mengunjungi 127 destinasi wisata di DIY. Pendapatan dari tiket masuk totalnya mencapai 18,4 miliar. Desember 2020 juga terjadi peningkatan okuvansi rate di DIY sebesar 45%, jauh lebih tinggi di banding daerah lain.

Dia mengapresiasi dan akan terus mendorong daerah untuk mensimulasi wisata namun dengan protokol kesehatan dan pihaknya akan memberikan akses pembiayaan. “kami ajak [daerah] terus berinovasi, beradaptasi dan berkalaborasi. Semoga vaksinasi jadi langkah startegis memuluilihkan ekonomi,” ucap Sandiaga.