Advertisement

Gempa Magnitudo 4,6 Guncang Gunungkidul, Tak Berpotensi Tsunami

Abdul Hamied Razak
Selasa, 27 April 2021 - 12:17 WIB
Sunartono
Gempa Magnitudo 4,6 Guncang Gunungkidul, Tak Berpotensi Tsunami Foto ilustrasi. - Antara Foto

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--BMKG menyatakan gempa tektonik 4,6 magnitudo yang melanda wilayah perairan setalan Gunungkidul tidak berpotensi tsunami. Belum dilaporkan adanya kerusakan dari peristiwa tersebut.

Kepala Stageof BMKG Ikhsan menjelaskan gempa yang terjadi Selasa (27/4/2021) pukulĀ  10:22:59 WIB di wilayah Gunungkidul termasuk gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo 4.6.

Advertisement

"Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8.740 LS dan 110.26843 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 91 km BaratDaya Gunung Kidul pada kedalaman 24 km," katanya melalui rilisnya.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, lanjut Ikhsan, gemp abumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo Australia. Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Gunung Kidul, Bantul, Sleman dan Wonogiri II MMI.

Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. "Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," ujarnya.

Terkait kemungkinan gempabumi susulan, Ikhsan menjelaskan hingga pukul 10.45 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock ). Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Hindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupunĀ  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement