Advertisement

KPU Gunungkidul Kembalikan Sisa Dana Pilkada Rp4,29 Miliar ke Kas Daerah

David Kurniawan
Selasa, 27 April 2021 - 17:27 WIB
Sunartono
KPU Gunungkidul Kembalikan Sisa Dana Pilkada Rp4,29 Miliar ke Kas Daerah Ilustrasi uang. - Bisnis/Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, WONOSARI – KPU Gunungkidul mengembalikan sisa dana hibang untuk penyelenggaraan pilkada ke pemkab sebesar Rp4,29 miliar. Adapun kebutuhan anggaran pilkada mencapai Rp25,1 miliar.

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani mengatakan, untuk penyelenggaraan pilkada, KPU mendapatkan hibah dari pemkab sebesar Rp29,4 miliar. Meski demikian, setelah penyelenggaraan berakhir ada sisa anggaran sebesar Rp4,29 miliar. “Sudah selesai dengan disusunnya Laporan Tahapan Pilkada 2020,” katanya kepada wartawan, Selasa (27/4/2021).

Advertisement

BACA JUGA : Selisih Suara di Pilkada Gunungkidul Tipis 

Dia menjelaskan, setelah penyusunan laporan tahapan selesai, KPU berkewajiban menyampaikan ke Pemkab. Bersamaan dengan penyerahan laporan itu, KPU juga mengembalikan sisan dana hibah ke kas daerah pada 22 April lalu. “Total yang kami kembalikan sebesar Rp4,29 miliar,” katanya.

Dia menjelaskan, pengembalian dana hibah merujuk pada regulasi Permendagri Nomor 41 Tahun 2020 tentang Pendanaan Pilkada dari APBD maupun Keputusan KPU RI Nomor 7 Tahun 2021 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan, Pertanggugjawaban Penggunaan Dana Hibah Pilkada.

“Untuk pelaksanaan, kami juga melakukan efisiensi sehingga sisa dana yang terkumpul dikembalikan sesuai dengan aturan yang berlaku,” katanya.

BACA JUGA : KPU Gunungkidul Tetapkan Bupati Terpilih Hari Ini

Disinggung mengenai alokasi anggaran terbanyak, Hani mengakui anggaran paling banyak terserap pada operasional badan adhock PPK, PPS, dan KPPS. Selanjutnya penyediaan logistik dalam pelaksanaan pemilihan umum serta bidang lain.

“Kami bersyukur pilkada berjalan dengan aman lancar dan sehat. Didalam tahapan harus mematuhi protokol kesehatan untuk memastikan penyelenggaraan tidak menjadi sumber penyebaran virus corona,” katanya.

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Umum, Sekretariat Daerah Gunungkidul, Arif Kuncahyo mengatakan, pihaknya memfasilitasi pengembalian sisa dana hibah untuk penyelenggaraan pilkada. adapun penyerahaan dana ini dilaksanakan bersamaan dengan adanya audiensi KPU dengan Sekda Gunungkidul Drajad Ruswandono. “Sudah diserahkan dan uang masuk ke kas daerah,” katanya.

Menurut dia, untuk penggunaan pengembalian dana hibah ini diserahkan sepenuhnya ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah. “Tugas kami hanya memfasilitasi. Sedang penggunaan sangat bergantung dengan kebijakan dari TAPD,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Es Krim Magnum Ditarik karena Mengandung Plastik dan Logam, Ini Kata BPOM

News
| Rabu, 24 April 2024, 17:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement