Layanan IGD RSUD Wonosari Tetap Buka Selama Lebaran

Aktivitas layanan di RSUD Wonosari pada Selasa (11/5/2021). Manajemen memastikan selama libur lebaran layanan kesehatan akan tetap buka. - Harian Jogja/David Kurniawan.
11 Mei 2021 12:57 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI – RSUD Wonosari memastikan tetap akan membuka layanan selama libur lebaran. Hal ini dilakukan untuk memastikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat tetap tersedia, meski ada masa libur.

Kepala Seksi Pelayanan Medis, RSUD Wonosari, Wahyu Hidayat Indra Purnama mengatakan, libur bersama lebaran mulai Rabu (12/5) hingga Jumat (14/5). Manajemen RSUD telah memutuskan bahwa liur hanya berlaku untuk manajemen dan layanan poliklinik. Untuk rawat inap, unit hemodialisa, instalasi laboratorium, instalasi radiologi, farmasi, bedah sentral hingga instalasi gawat darurat tetap buka seperti biasa.

BACA JUGA : Alarm Darurat Layanan Kesehatan! RS Covid-19 di Jogja

“Yang libur hanya untuk rawat jalan. Sedangkan layanan lainnya tetap buka,” kata Wahyu kepada wartawan, Selasa (11/5/2021).

Dia menjelaskan, cuti bersama dan libur lebaran pelayanan difokuskan di IGD. Guna meningkatkan kualitas layanan dilakukan penambahan petugas IGD dengan mengambil dari petugas poliklinik dengan pengaturan jaga secara bergantian. “Kami tetap berusaha agar pasien dapat tertangani dengan baik,” katanya.

Untuk pelayanan rawat inap, Wahyu mengakui juga tidak ada masalah. Hal ini dikarenakan sudah ada jadwal visit dokter pada saat libur berlangsung. 

Disinggung mengenai layanan BPJS Kesehatan untuk masyarakat, ia memastikan pelayanan tetap dibuka. Hanya saja, untuk penanganan mengacu pada aturan dan berdasarkan surat rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama. “Tidak bisa langsung menerima pasien BPJS karena harus ada surat rujukannya terlebih dahulu,” katanya.

BACA JUGA : Pemkab Gunungkidul Tutup Sementara Layanan IGD RSUD

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, pemkab berkomitmen untuk memberikan layanan kesehatan pada saat libur lebaran. Menurut dia, sudah membuat kebijakan untuk membuka layanan unit gawat darurat dan rawat inap di puskesmas selama 24 jam. “Tidak ada libur sehingga masyarakat bisa mengakses kapan saja,” kata Dewi.

Untuk layanan rawat jalan dilakukan dengan sistem piket. Adapun pelayanan disesuaikan dengan jam kerja di hari biasa. “Kebijakan ini sudah kami edarkan ke seluruh puskesmas,” katanya.

Ia berharap pada saat libur lebaran semua dapat berjalan dengan baik dan tidak ada kejadian apapun. “Tapi kami tetap siaga memberikan layanan kepada masyarakat,” kata Dewi.