Sultan: Lonjakan Covid-19 Pasca-Lebaran Baru Diketahui Awal Juni

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X,s aat ditemui wartawan di Kantor Gubernur DIY, Kamis (21/1/2021). - Harian Jogja/Lugas Subarkah
17 Mei 2021 19:17 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur DIY Sri Sultan HB X berharap tidak ada lonjakan kenaikan kasus Covid-19 di DIY selama sepekan atau dua pekan ke depan pasca-libur Lebaran.

Sultan mengatakan keterisian tempat tidur RS untuk pasien Covid-19 di DIY sampai hari keempat setelah lebaran Idulfitri hanya 41% dari total bed yang ada. Sementara di beberapa daerah terutama luar Jawa sudah diatas 50%.

“Dalam arti masih ada yang di rumah sakit. Sesuai kapasitas bed ada 400an sekian. Semoga engga ada penularan,” kata Sultan, sesuai mengikuti pengarahan dari Presiden RI Joko Widodo yang digelar secara daring, Senin (17/5/2021).

BACA JUGA: Presiden Sebut Hasil TWK Tidak Bisa Jadi Dasar Pemberhentian Novel Baswedan CS

Menurut Raja Kraton Ngayogyakarta ini melonjak dan tidaknya kasus penularan Covid-19 pasca-libur Lebaran baru diketahui setelah dua pekan kemudian atau paling tidak di awal Juni mendatang. Sementara yang positif Covid-19 saat ini merupakan kasus penularan pekan lalu. Namun Sultan berharap penularan baru tidak terjadi

Sultan juga menyampaikan bahwa kondisi ekonomi pada kwartal pertama tahun ini menunjukan angka positif, yakni 6,14% naik dibanding kwartal sebelumnya. Bahkan kondisi ekonomi nasional masih minus 2,93%, “Kondisi ini lebih baik. Kita dituntut untuk naik sampai 7% di kwartal kedua nanti,” ucap Sultan.