Ini Update Persiapan Pemilihan 35 Lurah di Sleman

Ilustrasi. - Antara
17 Mei 2021 21:17 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Sosialisasi kegiatan pemilihan lurah (Pilurah) serentak pada 22 Agustus mendatang kembali dilanjutkan. Kegiatan sosialisasi sempat dihentikan lantaran masyarakat menghadapi puasa Ramadan dan Lebaran.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (PMK) Sleman, Budiharjo menjelaskan sosialisasi pelaksanaan Pilurah di 35 kalurahan baru mencapai 19 kalurahan. Dinas akan melanjutkan tahap sosialisasi kepada masyarakat di 16 kalurahan. "Untuk sosialisasi pemilihan lurah gelombang kedua akan segera kami lanjutkan," kata Budi, Senin (17/5/2021).

Dia menjelaskan, kegiatan sosialisasi pelaksanaan Pilurah tahap pertama sudah digelar sejak 15 Maret hingga 9 April lalu. Untuk tahap pertama sosialisasi dilaksanakan di 19 Kalurahan. Di antaranya Kalurahan Nogotirto, Trihanggo, Sidoarum, Sumbersari, Sumberarum dan Kalurahan Sendangagung.

BACA JUGA: Presiden Sebut Hasil TWK Tidak Bisa Jadi Dasar Pemberhentian Novel Baswedan CS

Adapun pelaksanaan sosialisasi tahap kedua akan digelar mulai 24 Mei mendatang. Di antaranya di Kalurahan Wukirharjo, Bokoharjo, Sardonoharjo, Donoharjo, Tridadi dan Trimulyo. "Peserta sosialisasi melibatkan perangkat kalurahan, tokoh masyarakat serta warga padukuhan. Harapannya peserta sosialisasi dapat menyebar luaskan tata cara memilih menggunakan sistem e-Voting," kata Budi. 

Seperti tahun lalu, kata Budi, pelaksanaan Pilurah tahun ini, kata digelar serentak secara E-Voting. Lokasinya berada di 17 Kapanewon, 35 Kalurahan, 470 Padukuhan. Dari jumlah tersebut, disiapkan sebanyak 912 TPS dengan perkiraan jumlah pemilih sekitar 356.086 orang. 

"Kami menyiapkan 1000 set peralatan E-Voting dengan Tim Teknis Utama sebanyak 57 orang dan Tim Teknis Lapangan sebanyak 1010 orang," katanya.